Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi memberikan edukasi mengenai konsep pemasaran produk kepada puluhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Brambangan, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak. Pengabdian dilakukan pada 9 Mei 2025.
Tujuan dari adanya Strategi pemasaran adalah untuk membantu masyarakat terutama industry rumahan termasuk juga UMKM dalam memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan mereka sehari-hari. Tujuan ini memberikan manfaat yang cukup efektif dalam mengoptimalkan banyak hal hingga kita tidak perlu memakan banyak waktu serta usaha untuk mencapai target dari pekerjaan kita.
Dalam hal ini UMKM menjadi suatu hal yang menarik bagi kalangan masyarakat dan memang dengan UMKM dapat menjadi suatu pendorong ekonomi yang memiliki peran yang luar biasa. Dengan adanya penerapan strategi pemasaran online melalui media online dan market place maka UMKM dapat menerapkan  bagaimana menetukan strategi pemasaran yang tepat tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya marketing mix melalui digital marketing online.
Beberapa  hal  tersebut  perlu  segera  diselesaikan  melalui  kegiatan  pengabdian  kepada masyarakat sebagai salah satu program untuk membantu memberikan solusi bagi UMKM. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) yang telah dilaksanakan ini juga merupakan salah satu wadah untuk membantu pelaku usaha  UMKM Desa Brambang  Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak melalui  program  kerja  pelatihan  serta  pendampingan  para UMKM  diharapkan untuk menciptakan nilai pelanggan dan mencapai hubungan yang menguntungkan, sehingga para UMKM Desa Brambang Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak dapat berkembang menjadi besar.
Khalayak  sasaran  di  dalam  kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat  adalah  para  pelaku UMKM dalam wadah kelompok UMKM yang diberi nama Forum UMKM Desa Brambang Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak.
Sedangkan jenis UMKM yang selama ini dilakukan oleh warga Desa Brambang Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak terbagi menjadi beberapa sektor makanan dan minuman, kuweh (basah dan kering), sembako, sayuran fashion dan jasa.
Berdasarkan pra survey ditemukan para UMKM di Desa Brambang Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak ini menemui kendala dalam mengembangkan usahanya yang berkaitan dengan bagaimana menetukan strategi pemasaran yang tepat tentang pemahaman fungsi, jenis dan pentingnya marketing mix melalui digital marketing online. Maka  dalam  kegiatan  pengabdian  kepada masyarakat ini dapat dibuat rumusan masalah yaitu bagaimana mengembangkan usaha UMKM di Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak dengan menentukan strategi pemasaran yang tepat. Beberapa media sosial dan e-commerce yang dijelaskan dan praktek pembuatan pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut antara lain Whatsapp (WA), Instagram, Youtube, Tiktok, Facabook, Twitter, Line, Telegram, Olx serta beberapa market place seperti Shopee, Lazada, Buka Lapak, Blibli.
Manfaat  yang  diharapkan  dengan  adanya  kegiatan  pengabdian  masyarakat  ini  yaitu  para peserta (pelaku) UMKM mempunyai pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan kemampuan dengan  bagaimana penerapan strategi pemasaran yang akan dilakukan sehingga usaha yang dilakukan mendapatkan tingkat penjualan yang diharapkan.
Antusias para peserta pelaku UMKM sangat tinggi terbukti dengan banyaknya peserta merasa adanya peningkatan  pengetahuan dan pemahaman  tentang bagaimana mengelola usaha UMKM melalui  bagaimana penerapan strategi pemasaran melalui digital marketing online.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI