Mohon tunggu...
Stefani Ditamei
Stefani Ditamei Mohon Tunggu... K-drama Enthusiast

Mahasiswa semester akhir program studi Ilmu Politik di Universitas Jenderal Soedirman.

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Fenomena Duta Prokes dan Duta Masker

6 Mei 2021   19:43 Diperbarui: 6 Mei 2021   19:48 101 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fenomena Duta Prokes dan Duta Masker
Fenomena Duta Prokes dan Duta Masker Setelah Menolak Menggunakan Masker (kompas.com/Ghinan Salman)


Sudah setahun lebih membiasakan diri dengan protokol kesehatan, tidak semestinya seseorang menghina maupun melarang orang lain untuk menggunakan masker. Memang betul vaksin sudah disediakan, namun belum tentu keberadaan virus Covid-19 lenyap begitu saja dari muka bumi. 

Selain itu, tidak semua masyarakat saat ini mendapat suntik vaksin. Sebagian masih menunggu giliran lantaran menunggu kelompok prioritas yang lebih dulu.  

Intinya, kita semua masih berada di situasi pandemi. Covid-19 masih berkeliaran dan baru-baru ini varian baru dari Covid-19 ditemukan di Indonesia. Bukankah sudah semestinya menggunakan masker saat berada di luar rumah? Apalagi himbauan menggunakan masker diharapkan dapat diterapkan diterapkan di tempat-tempat umum seperti: rumah ibadah, mall, stasiun, dan pasar.

Namun, pernahkah terlintas akan menemukan orang yang dengan percaya diri menghina dan melarang orang lain pakai masker? 

Kasus tersebut sungguhan terjadi di Indonesia. Lucunya, para oknum yang menghina orang memakai masker justru diangkat jadi duta prokes dan duta masker. Haduh!

Ilustrasi menggunakan masker di tempat umum (Pexels)
Ilustrasi menggunakan masker di tempat umum (Pexels)
Pria Menghina Orang di Mall Pakai Masker


Namun, hal mengejutkan justru terjadi dari Surabaya dan Bekasi. Di Surabaya, seorang pria mengunggah postingan video di media sosialnya dan menghina masyarakat yang menggunakan masker di media sosial.

Pria tersebut dalam videonya, dengan nada merendahkan berkata: "Ngapain pakai masker?" Seolah-olah menggunakan masker di tempat umum adalah hal bodoh. Sontak video tersebut viral. Di Lambe Turah, video pria menghina orang pakai masker di mall mendapatkan views hingga 2 juta!

Berbagai komentar datang dari netizen, salah satunya menyayangkan tindakan pria Surabaya yang gegabah melakukan hal tersebut di tempat umum. Bahkan di videonya, pria tersebut turut menunjuk anaknya yang masih balita dan bangga karena tidak memakai masker.

Bukan viral namanya kalau tidak berakhir diusut kepolisian. Pria tersebut akhirnya diciduk oleh polisi dan akhirnya minta maaf di hadapan publik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN