Mohon tunggu...
Stephanus Christiono
Stephanus Christiono Mohon Tunggu...

Aileen - Keenan Dads | Blogger | Blogger Jogja | Vlogger Amatir | *** Senang Fotografi dan pengguna 📸Canon G7x *** Bisa ditemui di alamat situs: http://stephanuschristiono.com dan sosial media: @stchristiono ***

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Pasar Malam, Hiburan di Tengah Tanah Kosong

17 Maret 2017   13:39 Diperbarui: 17 Maret 2017   13:54 6027 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pasar Malam, Hiburan di Tengah Tanah Kosong
koleksi pribadi

Di tengah gempuran dari wahana permainan modern seperti Transstudio, Dunia Fantasi (DUFAN), dan sejenisnya, kehadiran Pasar Malam ternyata masih mendapatkan tempat tersendiri di hati rakyat Indonesia.

Walaupun masih mendapatkan tempat di hati rakyat Indonesia, namun sebuah ironi tentang pasar malam saya rasa akan muncul ketika kita bertanya kepada anak-anak yang sudah terbiasa tinggal di kota besar layaknya DKI Jakarta maupun Bandung.

Kenapa saya bisa yakin dengan apa yang saya tuliskan di atas??

Bagi saya penyebabnya adalah karena ada anggapan jika jalan-jalan dan berbelanja di pusat perbelanjaan seperti mall lebih menarik daripada harus datang berdesak-desakan di tengah tanah kosong untuk menikmati pasar malam. (ini anggapan saya lho ya.. kalo beda ga usah dipermasalahkan karena ini pendapat pribadi.. hehe)

Oke, kayanya saya lebih baik cerita lagi daripada cuma mempermasalahkan tau atau tidaknya anak dengan Pasar Malam.. hehe..

Pasar Malam itu apa?

Menurut saya, pasar malam itu merupakan salah satu hiburan rakyat yang biasanya berlokasi di suatu tanah kosong dan berlangsung selama beberapa hari.

Ciri Pasar Malam

Pasar malam, khususnya di daerah saya (Yogyakarta dan sekitarnya) biasanya memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali. 

Berikut ini ciri dari pasar malam:

Biasanya buka mulai dari pukul 17.00 WIB

Karena namanya pasar malam, maka wajar jika kegiatan yang dilakukan baru dimulai saat hari mulai senja. Waktu operasional mereka biasanya berada mulai sekitar pukul 17.00 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB.

Berlokasi di suatu tanah kosong

Kalau masalah lokasi, kita tidak dapat memastikan lokasi pasti dimana pasar malam akan hadir. Hal tersebut disebabkan karena pasar malam biasanya bersifat nomaden. Mereka menjadikan lapangan ataupun tanah kosong di suatu tempat sebagai lokasinya.

Ada banyak wahana permainan

Walaupun namanya pasar malam, transaksi yang dilakukan tidak hanya berupa jual beli barang. Pasar Malam merupakan sebuah budaya dan hiburan rakyat. Oleh karena itu sudah pasti banyak wahana permainan seru bagi rakyat yang ada di sana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x