Mohon tunggu...
fanky christian
fanky christian Mohon Tunggu... Full Time Blogger - IT Specialist, DCMSolusi, EventCerdas, StartSMEup, JesusMyCEO, ICT4CC, 521Indonesia

IT Specialist, khususnya infrastruktur, aktif di beberapa Asosiasi IT, suka mengajar dan menulis, fokus kepada IT , enterpreneurship, content marketing. Mengembangkan Daya Cipta Mandiri Group, EventCerdas, 521Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Bongkar Otak Produk Anda: Adapt

27 November 2021   19:01 Diperbarui: 27 November 2021   19:03 96 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Ayo lanjut lagi, bongkar otak produk anda sebelum masuk di tahun 2022. Kita semua sedang sibuk mempersiapkan rencana tahun depan, jadi saya pun baru sempat menulis lagi, karena hampir dua minggu ini konsentrasi membuat planning di DCMGroup.

Selanjutnya kita akan bahas ADAPT, atau ADAPTASI. 

Pembahasan bongkar otak produk anda ini juga saya bawakan dalam salah satu kegiatan webinar untuk AI-Creation beberapa hari yang lalu. Kegiatan ini mengangkat tema How To Create Digital Startup from Ideas to Funded. 

Sama seperti startup, atau usaha awal, atau usaha rintisan, baik yang digital ataupun non digital. Adaptasi adalah kemampuan kita menganalisa produk atau jasa kita agar bisa lebih sesuai, diadaptasikan, dengan apa?

  • Adakah nilai lebih dari bidang lain, lingkungan lain, tempat lain yang dapat diterapkan ke dalam bidang/produk/situasi kita?

    • Apakah produk / jasa kita memiliki nilai lebih dari bidang lain, atau lingkungan atau tempat lain yang dapat diterapkan. Misal, yang semula hanya mengandalkan toko offline, onsite, beradaptasi membuat toko online.

    • Contoh lain, selama ini menjual hanya via toko, menunggu customer datang, sekarang mengembangkan instagram, yang bisa dibuat saat tertentu untuk live instagram. Ini adaptasi.

  • Ide apa dari proses atau bisnis lain yang dapat dijadikan acuan?

    • Mungkin ada proses atau bisnis lain yang bisa dijadikan acuan untuk produk dan solusi kita. Contoh selama ini menjual hanya barang, tapi sekarang, bisa disewakan.

  • Pelajaran dari pengalaman masa lalu apa yang dapat diterapkan dalam situasi ini ?

    • Pandemi membuka mata kita tentang banyak hal, apa yang anda dapat dan bisa diadaptasikan ? Saya cerita sebelumnya, usaha catering wedding mendadak menjadi usaha makanan siap antar, atau frozen food.

  • Produk/ide apa yang dapat kamu gunakan sebagai inspirasi ?
    • Coba lihat sekeliling kita, apa yang mereka lakukan, tapi kita bisa lakukan lebih. Orang lain hanya buka toko online di marketplace, kita buka toko online marketplace + live selling. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan