Mohon tunggu...
Johanes Krisnomo
Johanes Krisnomo Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Penulis, fotografer, pemerhati lingkungan hidup, teknologi pangan, kesehatan, kimia pangan. Alumnus Kimia ITB dan praktisi di Industri Pangan. https://www.kompasiana.com/stalgijk

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Karir Melejit Gara-gara Tabungan Emosi

17 Juli 2019   23:35 Diperbarui: 18 Juli 2019   06:02 0 33 11 Mohon Tunggu...
Karir Melejit Gara-gara Tabungan Emosi
Proses Mengepel Lantai. Sumber : https://www.pexels.com

Berawal dari sikap. Tugasnya semula bersih-bersih ruangan kerja. Statusnya karyawan alih-daya, khusus kebersihan ruangan kantor. Gara-gara tabungan emosinya cukup gemuk, statusnya kini telah berubah jadi karyawan tetap, tak lagi alih-daya, dengan tugas-tugas yang lebih menjanjikan.

Waktu itu, beberapa tahun lalu, Si-A sebut saja, dikenal sebagai pekerja alih-daya yang rajin, murah senyum, dan enak diajak ngobrol. Meski suatu waktu pernah mengeluhkan gaji-nya yang tak seberapa, setelah dipotong sana-sini oleh perusahaannya. Tapi itu bukan keluhan yang menyebabkan Si-A malas kerja. Mungkin sekadar curhatan ringan.

Si-A bekerja total hati, jujur menjadi nilai utamanya, setelah terbukti tak pernah ada barang hilang, selama dia bekerja. Bahkan, beberapa lembar uang seratus ribuan yang pernah tercecer di lantai, diinfokan kepada kami-kami di ruangan kerja yang berpenghuni tujuh.

Ramahnya wajar, tak pernah kurang sopan. Dia sering menawarkan diri apakah ada pekerjaan yang bisa dibantu, selepas tugas-tugas membersihkan lantai dan kaca jendela.

Sumber : https://www.hipwee.com
Sumber : https://www.hipwee.com
Sumber : https://wallpapergordyn.com
Sumber : https://wallpapergordyn.com
Sempat bekerja beberapa tahun, dan menitipkan sikap kebaikan kepada kami-kami, telah membuka peluang. Tabungan emosinya lebih dari cukup, ketika perusahaan memerlukan karyawan untuk pekerjaan serabutan.

Bahagianya Si-A, tawaran pindah dari perusahaan alih-daya ke perusahaan pemakai jasa, tempatnya bertugas, diterima dengan syukur dan sumringah.

Tabungan Emosi semirip Si-A, berlaku pula di situasi lain dengan jenjang yang berbeda, tetapi sama prosesnya. Bekerja sebaik mungkin, jujur dan pandai berkomunikasi menjadikan tabungan emosi semakin gemuk, dan peluang karir akan terbuka lebar.

Bandung, 17 Juli 2019    /Ket : alih-daya (outsourcing)

KONTEN MENARIK LAINNYA
x