Mohon tunggu...
Sriyanto Sri
Sriyanto Sri Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menyukai semua hal mengenai Pendidikan terutama hal sejarah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mencari Gagasan Pokok (Best Practice) Menggunakan Metode Diagram Lingkaran, Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran

29 September 2022   20:30 Diperbarui: 29 September 2022   22:03 548
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi: SD N Jambanan 3
Lingkup Pendidikan: Sekolah Dasar
Tujuan yang ingin dicapai: Peningkatan Keaktifan dan Pemahaman Materi Mencari Ide Pokok Paragraf pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4 Tahun Pelajaran 2022/2023
Penulis: Sriyanto, S.Pd
Tanggal: 29 Agustus 2022

Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Hal yang menjadi latar belakang mengapa saya bertujuan meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa pada materi mencari ide pokok adalah:

1. Siswa masih sangat kurang, dan sering merasa kebingungan dalam kemampuan literasi, terutama ketika diminta mencari ide pokok paragraf.

2. Sering terjadi siswa kurang dalam memberikan respon atau tanggapan ketika guru memberikan pertanyaan ataupun umpan balik, maupun diminta membaca suatu teks paragraf.

3. Model, dan metode yang digunakan guru kurang tepat, sehingga siswa merasa kesulitan memahami cara-cara mencari ide pokok paragraf.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka saya sebagai seorang pendidik merasa ikut bertanggung jawab, dan berupaya melakukan refleksi diri dalam menghadapi berbagai permasalahan tersebut. Oleh sebab itu saya berupaya merencanakan suatu praktik pembelajaran dengan strategi yang tepat, dalam hal ini dengan menggunakan model PBL, serta membagikannya, agar apa yang sudah saya lakukan dapat menjadi masukan bagi rekan-rekan seprofesi dalam upaya meningkatkan kompetensi, demi tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan.


Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Beberapa kendala yang harus saya atasi demi mencapai tujuan antara lain:

1. Karakter siswa yang seringkali masih terlihat malu selama proses pembelajaran.

2. Kebiasaan literasi yang belum sepenuhnya menjadi pembiasaan.

3. Mencari dan membuat media yang tepat dan sesuai yang memudahkan siswa dalam memahami materi.

4. Memilih bacaan yang memudahkan siswa dalam melakukan langkah-langkah untuk menemukan ide pokok.

Dalam praktik pembelajaran ini saya meminta bantuan,masukan dan konsultasi kepada Kepala Sekolah, kemudian juga meminta bantuan kepada rekan sejawat dalam menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, dan juga meminta bimbingan serta masukan kepada dosen maupun guru pamong.

Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah yang saya lakukan dalam mengatasi kendala yang ada adalah:

1. Terus memberikan motivasi dan keyakinan kepada siswa, bahwa mereka mampu melaksanakan dan mengikuti praktik pembelajaran ini.

2. Memberikan bacaan ringan atau pendek berupa cerita yang disukai anak-anak, untuk dibaca terlebih dahulu sebelum pembelajaran, sebagai sebuah pembiasaan.

3. Meminta bantuan kepada pihak lain yang lebih menguasai media teknologi untuk mendampingi dalam pembuatan media yang sesuai dan mudah dipahami oleh siswa saat disampaikan, selain juga dapat menambah keaktifan mereka.

4. Mencari bahan bacaan dari internet maupun buku sumber yang  bersifat kontekstual dan sesuai dengan usia perkembangan anak.

Refleksi Hasil dan dampak: 
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut. 

Dampak dari aksi ini secara keseluruhan saya merasa berhasil mencapai tujuan pembelajaran yang saya inginkan, yang ditunjukkan dengan beberapa hal berikut:

1. Siswa lebih antusias dan aktif menanggapi materi pembelajaran yang saya sampaikan, terlihat dari cara mereka merespon stimulan yang saya berikan

2. Siswa merasa sangat tertarik dengan bacaan yang harus mereka cari ide pokoknya, terbukti pada saat presentasi, mereka dapat menemukan ide pokok yang tepat setelah melalui proses diskusi.

Dari keseluruhan praktik pembelajaran yang saya laksanakan yang menjadi penunjang keberhasilan beberapa diantaranya adalah dukungan penuh dari Kepala Sekolah, rekan sejawat, maupun bimbingan serta perhatian dari dosen, juga guru pamong, disamping juga saya tetap berikhtiat seoptimal mungkin melaksanakan model PBL yang saya pilih sesuai dengan fase-fase yang harus dilakukan, dengan tetap memperhatikan kondisi siswa serta melakukan pengaturan waktu yang sesuai ketentuan.

Respon yang diberikan warga sekolah juga sangat baik, merasa mendukung penuh aksi pembelajaran yang saya lakukan, termasuk dalam penyediaan sarana serta prasarana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun