Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... Buruh - Nothing

Jepara, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Tips Mengelola Gaji untuk PNS agar Tetap Lega di Tanggal Tua

20 Oktober 2021   12:52 Diperbarui: 20 Oktober 2021   17:46 243 23 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi | sumber: choreograph/envato elements

Sebagai seorang PNS yang bekerja di salah satu institusi pemerintahan, tentu memiliki gaji yang tetap setiap bulannya. Gaji yang tetap dan tidak berubah tersebut tentu membuat PNS sering bekerja seadanya dan tidak bersemangat. 

Apalagi jika gaji yang diterima setiap bulan harus dipotong dengan berbagai macam kebutuhan. Tentu jumlah gaji yang diterima tidak penuh.

Hal tersebut tentu membuat para PNS harus pandai-pandai mengelola keuangannya agar bisa bertahan hingga tanggal tua nanti. 

Saya sering melihat rekan saya yang sesama PNS selalu berkeluh kesah menjelang tanggal tua. Tanggal tua menjadi momok tersendiri karena identik dengan kantong yang menipis. Hal tersebut seolah menjadi tradisi karena sudah biasa terjadi. 

Namun jika dibiarkan terus menerus tentu hal tersebut tidak baik. Karena sebenarnya gaji PNS itu sudah dibilang lebih dari cukup.

Selain itu juga PNS mendapat tunjangan sesuai dengan beban kerja. Tentu gaji PNS bisa dikatakan lumayan. 

Namun fakta di lapangan justru menunjukkan hal yang berbeda. Karena banyak PNS yang mengaku mengalami kesulitan keuangan, apalagi di tanggal tua. Banyak teman saya yang mengeluh setiap tanggal tua tiba. 

Dari pengalaman tersebut saya ingin memberikan tips cara mengelola keuangan terutama untuk PNS agar bisa tetap lega di tanggal tua. Berikut tipsnya.

Pertama, jangan mudah tergiur untuk mengambil pinjaman 

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jangan mudah tergiur dengan pinjaman yang diberikan. Sebagai seorang PNS yang bekerja di instansi tentu menjadi target pemasaran yang empuk. Tawaran untuk mengambil pinjaman dari berbagai bank pun berdatangan. Jika kita tidak memilih dan selektif dalam melakukan pinjaman. 

Kita juga harus bisa menentukan prioritas sebelum mengajukan pinjaman. Apakah uang pinjaman tersebut kita gunakan untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak atau hanya keinginan semata. Tentu kita harus benar-benar memerhatikan hal tersebut. Agar kita tidak terjebak pinjaman yang membuat gaji yang kita terima berkurang banyak. 

Mendapatkan pinjaman merupakan sebuah angin segar. Apalagi sebagai PNS, tentu hal tersebut merupakan suatu kemudahan karena kita sudah memiliki gaji tetap setiap bulannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan