Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... Abdi negara

Jepara, Jawa Tengah IG : @sri_pu714ti

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Belajar dari Banjir yang Datang Setiap Tahun

12 Januari 2021   10:46 Diperbarui: 12 Januari 2021   11:13 78 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar dari Banjir yang Datang Setiap Tahun
sumber: VOAIndonesia 

Musim hujan telah tiba. Sebagian orang menganggap ini adalah anugerah namun sebagian lagi ini adalah pertanda bencana. Musim  hujan memang selalu menyisakan cerita bagi kita. Karena banyak yang menyikapi musim hujan dengan hal yang berbeda. Apapun itu, musim hujan tetap akan datang setiap tahunnya karena kita tinggal di daerah tropis yang hanya memiliki dua musim. Jadi kita harus mempersiapkan diri dana belajar dari musim hujan yang datang di tahun sebelumnya. 

Hal yang paling ditakutkan saat musim hujan adalah terjadinya musibah banjir. Bencana banjir seperti sudah menjadi bencana langganan yang datang setiap tahunnya. Memangg tidak semua daerah terkena dampak banjir. Namun bencana banjir terjadi banyak di daerah di beberapa wilayah di Indonesia dan itu terjadi setiap tahunnya. 

Bagaimana menyikapinya? 

Masyarakat seharusnya bisa belajar dan memperbaiki kebiasaan agar bencana banjir tidak terulang di tahun mendatang. Karena banjir merupakan bencana yang disebabkan oleh ulah manusia. Sehingga manusia juga yang bisa mencegah datangnya bencana banjir. Masyarakat harus mulai berpikir kritis dan logis. Bahwa banjir bukan serta merta karena hujan yang turun terus menerus, tetapi lebih dari itu. 

Banjir merupakan bencana yang terjadi karena permasalahan yang begitu kompleks. Mulai dari penebangan pohon yang menyebabkan berkurangnya daerah resapan air, membuang sampah sembarangan dan pembangunan industri yang masif tanpa memperhatikan dampak lingkungan

Saya kira kita semua sudah tahu apa saja yang menyebabkan banjir dan langkah apa yang bisa kita lakukan. Semua orang pasti sudah tahun, namun dalam hal realisasi dan pelaksaan masih jauh dari harapan. Banyak masyarakat yang masih suka membuang sampah sembarangan apalagi yang tinggal di kota-kota besar. 

Pembangunan secara besar-besaran dengan melakukan penebangan secara masif juga terjadi tanpa memperhatikan kondisi lingkungan. Tidak hanya banjir tapi juga longsor yang terjadi di berbagai daerah. Hal ini tentu membuat prihatin, apalagi Indonesia merupakan negara dengan jumlah hutan yang cukup luas.

Selain ketiga faktor di atas faktor lain yang membuat datangnya banjir di musim hujan adalah terjadinya kebakaran hutan yang terjadi di musim kemarau. Seperti musim kemarau tahun lalu yang menyebabkan kebakaran hutan di Riau hingga menyebabkan kabut asap dan mengganggu kesehatan masyarakat setempat. Hal ini terjadi berulang. Kebakaran hutan di musim kemarau dan banjir di musim penghujan. 

Kerugian yang diakibatkan banjir juga tidak sedikit. Tidak hanya materi, tetapi juga nyawa yang hilang akibat bencana banjir. Sehingga sebisa mungkin bencana banjir itu kita cegah dan jangan sampai terulang lagi. 

Jadikan Bencana sebagai Pelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x