Mohon tunggu...
Sri Pangestu
Sri Pangestu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Profesi sebagai mahasiswa

Saya adalah mahasiswa D3 Perbankan dan Keuangan di Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pemasaran UMKM

11 Mei 2024   12:39 Diperbarui: 11 Mei 2024   12:43 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seberapa penting strategi pemasaran untuk UMKM?UMKM dapat berkembang melalui strategi pemasaran.Menurut Tjiptono (1995) Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Pemasaran yang dirancang dengan strategi akan lebih mudah untuk UMKM mengalahkan pesaingan bisnis yang semakin hari semakin kuat.

UMKM memiliki peran yang positif untuk masyarakat,salah satunya adalah UMKM dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. UMKM memberikan peluang kerja bagi masyarakat, terutama di daerah pedesaan dan perkotaan yang memiliki tingkat pengangguran yang tinggi.Sumber (majoo.id/blog/detail/umkm-bidang-usaha-pembuka-lapangan-kerja). UMKM yang memiliki strategi yang baik juga dapat memberi pengetahuan kepada kepada Masyarakat tentang bagaimana usaha yang dapat berjalan lama dan terus eksis di Masyarakat luas.

Beberapa faktor penyebab UMKM tidak menerapkan strategi pemasaran adalah (1.)Pengetahuan yang kurang tentang strategi pemasaran oleh pengusahsa UMKM.(2.) Pengusaha bisnis UMKM merasa puas dengan bisnis,karena dianggap sudah memiliki pelanggan,sehingga beranggapan tidak memerlukan strategi pemasaran.Berikut adalah cara untuk mengatasi masalah tersebut (1.) Pengusaha UMKM mengikuti latihan tentang strategi pemasaran UMKM. (2.) Pengusaha membangun strategi sesuai perkembangan trend dan teknologi.

Beberapa manfaat dari menerapkan strategi pemasaran yaitu;(1)Dengan strategi pemasaran menjadikan UMKM lebih berkembang.(2)UMKM memiliki pemasaran yang lebih terencana,dan (3)Dapat mengurangi jumlah pengangguran.Maka dari itu,UMKM dapat berkembang ketika memiliki strategi pemasaran yang baik dan efektif.Berikut adalah strategi pemasaran yang benar: (1)Kenali target pasar Anda dengan baik.(2)Buat brand identity yang kuat.(3)Fokus pada pemasaran konten.(4)Manfaatkan kekuatan media sosial.(5)Tawarkan insentif kepada pelanggan.

Pentingnya strategi pemasaran tidak bisa diabaikan dalam upaya mencapai kesuksesan bisnis, karena melalui strategi yang tepat, perusahaan dapat mengidentifikasi pasar yang tepat, memperkuat citra merek, meningkatkan penjualan, serta memperluas pangsa pasar, yang pada akhirnya membawa dampak positif dalam pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis secara keseluruhan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran bukan hanya penting, tetapi merupakan pondasi utama bagi kesuksesan jangka panjang suatu bisnis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun