Alat peraga dalam pembelajaran dapat ,Memudahkan memahami suatu konsep matematika, menjadi terampil dengan konsep matematika yang dikuasai, dapat memotivasi ketertarikan konsep matematika pada siswa, dan bias sebagai sumber belajar.
Misalnya kita belajar teorema Pythagoras dengan alat peraga sebagaimana materi diklat online kali ini
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan belajar ini, peserta diharapkan mampu:
1. mengetahui dan memahami bukti-bukti Teorema Pythagoras
2. mengenal contoh-contoh alat peraga Teorema Pythagoras dan cara penggunaannya
3. membuat alat peraga Teorema Pythagoras
4. membuat LKS untuk pembelajaran matematika SMP pada KI 3 KD 3.8 kelas VIII
Salah satunya dengan menggunakan alat peraga Pythagoras 3-4-5 seperti dibawh ini
Alat peraga model ini menggunakan segitiga siku-siku dengan ukuran 3 satuan, 4 satuan, dan 5 satuan atau kelipatannya.
Berikut ini adalah alternatif strategi pembelajaran dalam memanfaatkan alat peraga Teorema Pythagoras
1.Pada proses pembelajaran, guru hendaknya berperan sebagai fasilitator. Peserta didik harus aktif dalam mengaitkan antara fenomena yang terdapat pada alat peraga Teorema Pythagoras dengan Teorema Pythagoras
2.Guru hendaknya menyiapkan dan membuat alat peraga Teorema Pythagoras serta bahan-bahan penunjang yang diperlukan (misalnya Lembar Kerja/LK). Contoh LK terlampir
3.. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok mendiskusikan satu alat peraga Teorema Pythagoras dan mengerjakan LK
4.Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil yang diperoleh
5.Guru membantu menyimpulkan hasl diskusi dengan menggunakan pertanyaan yang mengarah
Selain alat peraga Teorema Pythagoras yaitu dengan tangram
Mengenal tangram dan variasinya, sehingga terinspirasi untuk menggunakan tangram dalam pembelajaran matematika di SMP sesuai dengan kurikulum 2013
Sesuai dengan kurikulum 2013, Tangram dan variasinya dapat dimanfatkan pada pembelajaran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sebagai berikut.
Kelas 1
3.1 Memahami sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas
4.7 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang
Kelas 2
3.6. Memahami unsur, keliling, dan luas dari lingkaran
3.7. Memahami hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
3.8. Memahami Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan
4.5. Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah
4.6. Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
Kelas 3
3.6. Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan
4.5. Menyelesaikan permasalahan nyata hasil pengamatan yang terkait penerapan kesebangunan dan kekongruenan
Tulisan ini saya tulis sebagai jurnal kegiatan Matematika materi “alat Peraga”