Mohon tunggu...
Sri Endah Mufidah
Sri Endah Mufidah Mohon Tunggu... Guru - Guru PAI di Pemkab Blitar

Guru PAI di UPT SD Negeri Slumbung 01

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Menikmati Istirahat Tanpa Gangguan Notif Pekerjaan

18 November 2021   12:25 Diperbarui: 18 November 2021   12:47 100 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Memang sangat tidak asyik, saat kita sedang menikmati liburan bersama keluarga, tiba-tiba ada notifikasi dari kantor, baik notifikasi untuk mengerjakan satu tugas secara mendadak maupun notifikasi untuk segera bertemu/berkumpul untuk mengerjakan satu pekerjaan.  Lebih -- lebih, tugas itu datang di tengah-tengah minggu ketika  libur panjang.

Dan bila hal itu terjadi sedangkan kita masih berada diluar kota, tentunya kita akan tergesa-gesa untuk segera pulang. Karena, apabila kita menunda pekerjaan tersebut, akan berimbas pada tugas-tugas kita selanjutnya. Terlebih tugas yang ada kaitannya dengan nasib (baik pribadi maupun orang lain).

Ada dua opsi bagi kita, para pekerja, apakah akan menerima notifikasi tersebut ataukah menolaknya. Secara rinci akan saya paparkan sebagai berikut:

a. Menerima notifikasi artinya menerima tugas yang diberikan

Pernah, bahkan sering, saat akhir pekan dan saya harus melewati akhir pekan saya disuatu tempat dengan menenteng laptop hanya untuk jaga-jaga, karena barangkali ada tugas yang harus saya selesaikan secara mendadak dan segera. Dan tentunya, sangat mengganggu bukan? Karena apa?

1. Kita harus membawa beban tambahan (laptop). Dan tentunya, selain laptop kita juga harus menyiapkan charger, kabel, mouse, flashdisk.

2. Fikiran kita yang semula memiliki tujuan untuk refreshing menjadi terbebani.

3. Tidak bisa benar-benar menikmati suasana santai.

Sebenarnya, mendapatkan tugas diluar jam kerja tidaklah menjadi sebuah beban berat, karena memang ada beberapa hal yang membutuhkan pengerjaan dengan segera serta tidak bisa ditunda, dan kita harus memahami hal tersebut.

b. Menolak notifikasi artinya menolak tugas

Mood seseorang dari waktu ke waktu sering berubah-ubah. Pasti ada kalanya, kita ingin benar-benar beristirahat, baik otak dan fikiran kita maupun fisik kita. Tentu saja, ketika ingin beristirahat, kita tidak ingin diganggu oleh siapapun dan apapun. Dan yang terjadi akhirnya kita akan menolak notifikasi tersebut. Bagaimana kiat-kita menolak notifikasi (tugas) tetapi terkesan membantah perintah?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan