Mohon tunggu...
Sri NellyRahayu
Sri NellyRahayu Mohon Tunggu... @Nell_yuuu

Math'education

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Hambatan Belajar Daring Memengaruhi Kemampuan Guru dan Siswa di Masa Pandemi Covid-19

27 Desember 2020   19:41 Diperbarui: 27 Desember 2020   22:18 284 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hambatan Belajar Daring Memengaruhi Kemampuan Guru dan Siswa di Masa Pandemi Covid-19
asiatimes.com

Pandemi covid-19 yang terjadi diberbagai negara mengakibatkan dampak yang luas pada semua sector penting. Salah satunya pendidikan, sistem pendidikan diberbagai tingkatan pendidikan telah berubah drastis, untuk mengatasipasi penularan virus tersebut pemerintahan telah mengeluarkan berbagai kebijakan, seperti isolasi, social and physical distancing, hingga pembatasan social bersekala besar (PSBB).

Kondisi ini mengharuskan masyarakat untuk tetap stay home, bekerja, beribadah dan belajar dirumah. Kondisi menuntut lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Salah satunya bentuk inovasi tersebut ialah dengan melakukan pembelajaran secara online atau daring yang sering di sebut juga pembelajaran jarak jauh.

Pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh bertujuan untuk memenuhi standar pendidikan melalui pemanfaatan teknologi informasi dengan menggunakanperangkat computer atau gedgetyang saling terhubung antar siswa dan guru. 

Dengan adanya teknologi informasi ini diharapkan pembelajaran bisa berjalan dengan baik, mengingat masyarakat Indonesia saat ini mayoritas sudah menggunakan internet. Seperti yang dijelaskan dalam penelitian We Aresocial "Digital Reports 2020" yang diliris pada akhir bulan januari 2020 yang menyatakan hampir 64% penduduk Indonesia sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

Beberapa teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di antaranya dengan menggunakan e-learning . e-learning merupakan inovasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran namun tidak hanya dalam penyampaian materi pembelajaran, tetapi juga perubahan dalam kemampuan berbagai kompetensi peserta didik. 

Pada masa pandemic covid-19 ini e-learning digunakan oleh semua tingkatan pendidikan baik TK, SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi dengan harapan proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.

Penggunaan teknologi pembelajaran jarak jauh, menggunakan platform yang tersedia dengan dukungan pemerintah seperti aplikasi portal online, sekolah TV serta penggunaan aplikasi yang ditawarkan di internet seperti Zoom dan Google Meet. Seiring dengan perkembangan teknologi pembelajaran jarak jauh ini berbasis internet disukai oleh generasi Z. 

Generasi ini sering disebut juga generasi internal atau digital natives, merupakan anak-anak yang lahir pada tahun 1995-2005. Generasi ini lahir pada zaman teknologi yang sudah semakin canggih sehingga gaya belajar pun berbeda Salah satunya inovasi yang dapat dilakukan pengguna media pembelajaran yaitu video pembelajaran yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Faktanya, khusus di Indonesia yang belum siap menggunakan teknologi pembelajaran dengan sistem daring atau online dengan maksimal. Bahkan dengan diterapkan sistem ini ditemukan adanya permasalahan seperti siswa yang terganggu kejiwaannya, stress dan tidak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan benar. 

Tidak hanya siswa tetapi ketidaksiapan para pengajar dengan sistem pembelajaran via online dan penguasaan teknologi perubahan metode pembelajaran dengan tatap muka menjadi metode online juga mendapatkan respon tidak baik dari siswa dikarenakan waktu yang singkat, tugas yang banyak, jumlah kuota, kondisinya membuat siswa harus mempersiapkannya dengan baik. 

Kebijakan penutupan sementara lembaga pendidikan dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya dalam jangka pendek dan jangka menengah membuat banyak siswa terdampak khususnya mereka yang memiliki tempat tinggal di daerah dengan keterbatasan infrastruktur dan daya dukung lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x