Mohon tunggu...
SPC SAVAL
SPC SAVAL Mohon Tunggu... School Pers Center

School Pers Center SMAN 1 Padalarang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Daring SMAN 1 Padalarang 2020/2021

17 Juli 2020   19:18 Diperbarui: 17 Juli 2020   19:06 81 1 0 Mohon Tunggu...

Senin, 13 Juli 2020 merupakan hari dimana tahun ajaran baru dimulai, pada tahun kali ini Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) berbeda dari tahun - tahun sebelumnya karena berkaitan dengan adanya virus Covid - 19, maka pelaksanaan MPLS kali ini dilakukan secara daring. 

MPLS ini diadakan untuk mengembangkan potensi peserta didik baru dengan maksimal dari rumah. Kegiatan ini tentunya dilaksanakan di kampus SMA Negeri 1 Padalarang, yang diikuti oleh seluruh peserta didik baru, tahun ajaran 2020 / 2021 menggunakan aplikasi Video Conference, dan juga melakukan siaran langsung di Channel Youtube SMA Negeri 1 Padalarang. 

Adapun perwakilan dari calon peserta didik baru yang datang ke sekolah, tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh Pemerintah dimasa pandemi ini. Untuk memulai kegiatan, diawali dengan pembacaan ayat suci Al - Quran oleh, Ahmad Hilman.

Sebelum memasuki acara inti, seluruh peserta didik baru beserta perwakilan yang hadir menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMA Negeri 1 Padalarang. Dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Sekolah, Engkus Kusnadi, yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini. 

Selain itu, ada juga pembacaan Forum Anti Kekerasan oleh Ketua OSIS, M. Abdul Aziz, penyampaian pengumuman dari Wakasek Kesiswaan, Dindin Saepudin. Untuk menutup kegiatan daring hari pertama, seluruh peserta didik baru diberi tayangan video tentang pengenalan lingkungan sekolah serta menjelaskan struktur guru SMA Negeri 1 Padalarang.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilanjutkan pada hari Selasa, 14 Juli 2020. Pada hari kedua ini diawali dengan pembukaan yang memaparkan aturan aturan yang harus ditaati saat MPLS daring berlangsung. 

Setelah itu, pemberian materi pertama mengenai sekolah ramah anak dengan menampilkan video mengenai penjelasan bahwa untuk mewujudkan sekolah ramah anak perlu didukung oleh beberapa pihak yang berhubungan langsung dengan anak, yaitu keluarga dan masyarakat. 

Sekolah ramah anak bertujuan agar anak dapat mengembangkan potensi diri, memiliki perilaku yang beretika dan berakhlak mulia, dan juga menjadikan sekolah bukan hanya mengejar akademik saja, namun dapat menunjukan persaingan sehat dalam proses belajar mengajar. Selanjutnya, pemberian materi untuk seluruh peserta didik baru tentang kesadaran hukum.

Kegiatan terus berlanjut, dihari ketiga peserta didik baru mendapat materi dari kurikulum sekolah, Abdul Majid, mengenai jurusan ( IPA dan IPS ), guru - guru yang akan mengajar serta yang akan menjadi wali kelas. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai protokol kesehatan dan Kepala PUSKESMAS Jaya Mekar, Tita Nahdiatul Alam, yang menjelaskan bahwa kita harus bisa berperilaku hidup bersih dan sehat apalagi dimasa pandemi ini.

"Saya berpesan, untuk seluruh warga SMA Negeri 1 Padalarang, agar menjaga kesehatan, menerapkan protokol kesehatan, selalu memakai masker, selalu membawa Hand Sanitizer, dan tidak bergerombol," terang Tita.

Dihari keempat diadakan pengenalan ekstrakurikuler yang dimulai dari Pramuka, Pandawa, Hispala, KIR, dan ESC. Setelah itu, adanya pemberian materi bagi peserta didik baru mengenai bela negara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN