Mohon tunggu...
SPA FEB UI
SPA FEB UI Mohon Tunggu... Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia

Studi Profesionalisme Akuntan (SPA) Faculty of Economics and Business Universitas Indonesia (FEB UI) is a student organization in FEB UI whose member are its accounting students. SPA FEB UI was established on August 22nd, 1998. Initially, SPA was a place for accounting students to study and focus on accounting studies. Nowadays, SPA has grown to become an organization which is not only a place to study and discuss about accounting issues, but also a place for accounting students to develop themselves through non-academic opportunities. Furthermore, SPA builds networks and relation to other communities, such as universities, small medium enterprise, academicians, and practitioners. Through these project, SPA always tries to give additional values to its stakeholders, especially FEB UI accounting students.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Peran Akuntansi dalam SDGs

17 Mei 2021   21:40 Diperbarui: 17 Mei 2021   21:50 210 1 0 Mohon Tunggu...

Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan PBB tahun 2015 lalu telah memasang 17 target keberlanjutan lingkungan untuk diraih pada tahun 2030. Untuk mencapai target-target tersebut, sektor swasta juga perlu turut mencantumkan SDGs dalam strategi perusahaannya. Faktanya, 8 dari 17 tujuan yang ingin dicapai dalam SDGs didukung langsung oleh pekerjaan para akuntan. Kesetaraan gender, kualitas pendidikan, pertumbuhan ekonomi, pergerakan iklim dan perdamaian, keadilan dan institusi yang kuat adalah beberapa kunci SDGs yang akuntan kerjakan setiap hari dengan variasi peran yang bermacam-macam. Bagaimana sebenarnya peran akuntansi dalam pencapaian Sustainable Development Goals?

 

Mempersempit Kesenjangan Gender

Dalam mempersempit kesenjangan gender, organisasi akuntansi di beberapa negara telah berkontribusi dengan mempertahankan dan mengadvokasi perempuan untuk memasuki berbagai macam profesi, tak terkecuali profesi akuntan, dengan berbagai macam program dan kemitraan.

 

Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Saat ini, profesi ini juga bekerja dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan berbagai inisiatif untuk memberikan kepemimpinan, keterampilan bisnis dan kewirausahaan dan pendidikan profesional yang relevan untuk memperluas jalur ke dalam profesi. Organisasi akuntansi di seluruh dunia juga mendanai dan mendukung program pendidikan keaksaraan keuangan, yang mengarah ke lebih banyak kesempatan untuk pelatihan dan pengembangan keterampilan.

 

Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi memiliki dampak besar pada kehidupan warga di seluruh dunia, dan profesi akuntansi global adalah penggerak pertumbuhan dan stabilitas ekonomi. Akuntan menggunakan keterampilan profesional mereka untuk mendorong para pemimpin mengarahkan organisasi menuju pencapaian kinerja ekonomi, sosial dan lingkungan yang berkelanjutan. Selain itu, akuntan memiliki kesempatan untuk berkontribusi pada kemakmuran yang lebih besar dan meningkatkan standar hidup secara lebih luas. Kesempatan tersebut terletak pada informasi, pelaporan, pengukuran, dan pengambilan keputusan yang terkait dengan peningkatan standar hidup, kesejahteraan, dan kemakmuran di seluruh dunia.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN