Mohon tunggu...
sorta viaulince
sorta viaulince Mohon Tunggu... GURU FISIKA SMAK 4 PENABUR JAKARTA

SORTA VIAULINCE R ( 201842579003) Alumni FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN / Mahasiswa FMIPA Unindra 2018

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Stay at Home dan Tetap Produktif?

20 Mei 2020   17:01 Diperbarui: 20 Mei 2020   19:51 303 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Stay at Home dan Tetap Produktif?
( sumber : felicities )

Seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia sedang berjuang melawan penularan wabah  virus corona atau yang disebut juga covid-19. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dari setiap Negara untuk mencegah penularan dari virus yang sudah menjadi Pandemi ini.  

Dibeberapa Negara memberlakukan lockdown dan Indonesia memberlakukan PSBB ( Pembatasan sosial berskala Besar ). Sementara rakyat mematuhi aturan PSBB , maka para medis berjuang untuk merawat para pasien korban dari virus Co-19 ini.

Apa saja anjuran pemerintah terkait pelaksanaan PSBB ini  ? pelaksanaan PSBB seperti yang diatur dalam Permenkes nomor 9 tahun 2020 Bab III pasal 13 yaitu meliputi :

  • Peliburan sekolah dan tempat kerja ;
  • Pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum;
  • Pembatasan kegiatan sosial dan budaya ;
  • Pembatasan moda transportasi ; dan
  • Pembatasan kegiatan lainnya khusus terkait aspek pertahanan dan keamanan.

Sebagai warga Negara yang baik kita dapat berpartisipasi untuh mencegah penularan virus corona ini dengan tetap berada  di rumah kecuali keadaan terdesak untuk berada diluar, istilah ini familiar kita sebut stay at home.

Apakah dengan stay at home artinya kita menjadi tidak produktif , hanya sebatas dapur, kulkas, kasur ,kamar mandi  dan  lalu direpeat kembali ? Hampir sudah  tiga bulan para pekerja ( karyawan ), mahasiswa , siswa  di jakarta dan kota besar lainnya berada di rumah. Ini menimbulkan efek kebosanan, suasana yang dulu di penuhi kebisingan dan kemacetan menjadi berkurang . Efek stay at home jangka panjang Jika tidak diisi dengan kegiatan yang positif dan produktif  akan menimbulkan kebosanan dan kejenuhan.

Apa yang dapat kita lakukan agar tetap produktif saat tetap berada di rumah atau stay at home ?

Berikut hal-hal yang dpat kita lakukan :

a. WFH

Work from home mejadi solusi bagi karyawan , untuk tetap produktif walaupun berada di rumah. Namun tetap harus memperhatikan beberapa hal agar Work from home tidak menjadi wacth from home yang saat ini melanda ibu-ibu dengan demam menonton Drama Korea. 

Hal-hal apa  saja yang harus diperhatikan agar WFH dapat berjalan lancar adalah akses komunikasi yang baik agar tetap terhubung dengan rekan kerja dan selalu update informasi dari  kantor, memiliki jadwal dan daftar kerja, memiliki ruang kerja sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN