Mohon tunggu...
Ari Sony
Ari Sony Mohon Tunggu... Administrasi - Bung Arson, Pengamat dan Pemerhati Olahraga Khususnya Sepakbola

Olahraga adalah nadi yang harus selalu digerakkan, dan ketika menulis topik lainnya harus sesuai dengan sudut pandang sendiri dan pemikiran yang matang

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ada Apa Dengan VAR? Kenapa Gol Kedua Jepang Disahkan dan Tidak Ada Tayangan Ulang ke Publik

2 Desember 2022   09:25 Diperbarui: 2 Desember 2022   09:37 1473
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kontroversi gol kedua Jepang, terlihat sekilas bola telah keluar garis. (Foto: Sky Sports)

Jepang menjadi tim pertama dari benua Asia yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Kepastian ini didapatkan Jepang setelah berhasil mengalahkan Spanyol dengan skor tipis 2-1, dalam lanjutan matchday terakhir Grup E, di Stadion Khalifa Internasional, Jumat (2/12/2022) dinihari WIB.

Namun ada kejadian kontroversial dibalik kemenangan tim Jepang, Gol kedua Jepang yang dicetak oleh Ao Tanaka pada menit ke-51, terlihat dari tayangan ulang bolanya telah keluar terlebih dahulu sebelum sampai ke Ao Tanaka.

Yang jadi pertanyaan, kenapa VAR mengesahkan gol tersebut dan tidak berani memperlihatkan tayangan ulangnya ke publik? Hal ini menimbulkan pro dan kontra, dan yang paling dirugikan tentu saja tim Jerman. Jika gol tersebut tidak disahkan, maka hasil akhir pertandingan Jepang versus Spanyol adalah imbang 1-1.

Dengan hasil imbang 1-1, Jepang hanya akan menempati posisi ketiga. Dan posisi Runner up direbut oleh Jerman, meski poinnya bakal sama dengan Jepang, yaitu sama-sama meraih poin 4 tetapi Jerman unggul dalam selisih gol.

Jalannya laga antara Jepang lawan Spanyol, berjalan menarik dan seru. Meskipun pada babak pertama Jepang tertekan dari Spanyol. Namun, secara umum Jepang tampil lebih baik, dibandingkan saat kalah dari Kosta Rika pada laga kedua.

Dalam posisi terjepit, Jepang harus memenangi laga kontra Spanyol, agar tidak tergantung dengan hasil pertandingan lain antara Kosta Rika lawan Jerman.

Spanyol unggul terlebih dahulu lewat gol hasil sundulan Alvaro Morata dimenit ke-11, setelah berhasil memanfaatkan umpan manis yang dikirim Cesar Azpilicueta. Gol ini, membuat tim Spanyol untuk sementara unggul dengan skor 1-0.

Pada babak kedua, Jepang melakukan comeback luar biasa dengan mencetak dua gol, lewat tendangan keras Ritsu Doan pada menit ke-48 dan lewat gol dari kaki Ao Tanaka tiga menit berselang dari gol pertama Jepang.

Awalnya wasit asal Afrika Selatan, Victor Gomes tidak mengesahkan gol Ao Tanaka. Karena pada prosesnya, bola hasil umpan Ritsu Doan, meluncur deras ke sisi sebelah kanan kiper Spanyol, Unai Simon. Kaoru Mitoma mencoba mengejarnya dan bola dianggap telah keluar oleh wasit, sebelum bola diumpankan Mitoma ke arah Ao Tanaka.

Namun wasit VAR, melakukan investigasi dan pengecekan gol yang diciptakan Ao Tanaka. VAR, memberitahukan kepada wasit untuk dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Terlihat dilapangan Victor Gomes melakukan komunikasi dengan wasit VAR.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun