Mohon tunggu...
Ari Sony
Ari Sony Mohon Tunggu... Administrasi - Bung Arson, Pengamat dan Pemerhati Olahraga Khususnya Sepakbola

Olahraga adalah nadi yang harus selalu digerakkan, dan ketika menulis topik lainnya harus sesuai dengan sudut pandang sendiri dan pemikiran yang matang

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Bisakah Jepang Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022?

27 November 2022   12:29 Diperbarui: 28 November 2022   08:02 1904
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selebrasi tim Jepang saat lawan Jerman di Piala Dunia 2022. (Sumber Foto: FIFA)

Jepang diprediksi akan mengalahkan Kosta Rika, dalam lanjutan laga penyisihan Grup E Piala Dunia 2022 Qatar, di Stadion Ahmad Bin Ali, Ar-Rayyan, Minggu (27/11/2022). Dengan mengalahkan Kosta Rika, maka Jepang menjadi tim Asia pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Sebelumnya Qatar menjadi wakil benua Asia pertama yang dipastikan tersingkir di babak penyisihan. Setelah menelan dua kekalahan, masing-masing kalah dari Ekuador dengan skor 0-2 dan kalah dari Senegal dengan skor 1-3. Meski berstatus sebagai tuan rumah, penampilan Qatar masih jauh di bawah standar dibandingkan ketika tim Qatar menjadi juara Piala Asia 2019.

Hasil ini tentu sangat mengecewakan bagi publik tuan rumah karena tim Qatar telah dipersiapkan sejak tahun 2010, sejak Qatar resmi ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Sementara dalam laga semalam, Sabtu (26/11/2022), Arab Saudi sebenarnya mempunyai kans sebagai tim pertama Asia yang akan lolos ke babak 16 besar. Arab Saudi yang tampil mengejutkan saat berhasil mengalahkan Argentina di laga pembuka dengan skor 2-1, diprediksi kembali bisa mengejutkan mengalahkan Polandia. Minimal bisa bermain seri, namun sayangnya tim asuhan pelatih Herve Renard, malah menelan kekalahan dengan skor 0-2.

Padahal secara penampilan, Ali Al Bulayhi dkk., tampil lebih baik dibandingkan saat lawan Argentina. Arab Saudi memaksa Polandia bermain bertahan dan lebih mengandalkan serangan balik. Penampilan cemerlang penjaga gawang Polandia, Wojciech Szczesny jadi salah satu penyebab Arab Saudi gagal meraih poin.

Kesempatan yang dimiliki Arab Saudi untuk lolos ke babak 16 besar, untuk sementara harus tertunda. Hal ini bisa dijadikan sebagai pelajaran bagi tim Jepang. Jika melihat penampilan Jepang dan Kosta Rika dilaga pertama, kans bagi tim Jepang untuk mengalahkan Kosta Rika terbuka lebar.

Dilaga pertama, Kosta Rika harus menelan pil pahit setelah dihajar tim matador Spanyol dengan skor telak 7-0. Dani Olmo, Marco Asensio, Ferran Torres (2 gol), Gavi, Carlos Soler dan Alvaro Morata berhasil membobol gawang Kiper Kosta Rika, Keylor Navas.

Secara statistik penguasaan bola pun sangat jomplang, Spanyol mampu menguasai penguasaan bola sebesar 71 persen, sementara Kosta Rika hanya sebesar 29 persen. Bahkan yang paling mencengangkan, Kiper Spanyol Unai Simon, tak berkeringat sama sekali, karena tidak ada shots on target maupun shots off target yang mengarah ke gawangnya.

Jika Kosta Rika, masih bermain seperti saat melawan Spanyol, hal ini sangat menguntungkan bagi Jepang. Jepang yang tampil mengejutkan saat lawan Jerman, dan mampu melakukan comeback gemilang. Meski sempat tertinggal 0-1, oleh gol penalti Ilkay Gundogan pada menit ke-33.

Jepang akhirnya memenangi laga, setelah mencetak dua gol lewat kaki Ritsu Doan di menit ke-75 dan Takuma Asano di menit ke-83. Berbekal kemenangan ini, Jepang lebih percaya diri menatap laga selanjutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun