Suko Waspodo
Suko Waspodo sontoloyo

belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

8 Penyebab Ketidakpuasan Kerja

3 Februari 2019   15:01 Diperbarui: 3 Februari 2019   15:35 102 5 3
8 Penyebab Ketidakpuasan Kerja
ilustr: Grid.ID

Ketidakpuasan kerja mengacu pada perasaan tidak bahagia atau negatif tentang pekerjaan atau lingkungan kerja.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan ketidakpuasan kerja. Beberapa diantaranya adalah kondisi kerja yang buruk, terlalu banyak bekerja, tingkat upah yang rendah, tidak ada ruang lingkup promosi atau peningkatan karir dan kurangnya pengakuan.

Tetapi yang terburuk adalah konsekuensi dari ketidakpuasan kerja yang jelas mempengaruhi karyawan dan organisasi. Ini dapat mengakibatkan hilangnya motivasi, kurangnya minat, frustrasi, produktivitas yang buruk, ketidakhadiran dan bahkan tingkat turnover yang tinggi.

Ada sejumlah penyebab spesifik ketidakpuasan kerja, tetapi dapat dipahami bahwa ada empat bidang utama yang berada dalam masalah ini.

Penyebab Ketidakpuasan Kerja adalah;

  1. Dibayar rendah.
  2. Pertumbuhan Karier Terbatas.
  3. Kurangnya minat.
  4. Manajemen yang buruk.
  5. Bos yang Tidak Mendukung.
  6. Kurangnya Pekerjaan yang Berarti.
  7. Peluang untuk pertumbuhan atau insentif untuk pekerjaan yang bermakna.
  8. Keseimbangan Pekerjaan dan Kehidupan.

Efek dari kepuasan kerja yang rendah dapat menjangkau jauh dan masalah ini menjadi perhatian bagi pemilik usaha kecil maupun perusahaan besar.

Dibayar Rendah

Tidak dibayar apa yang dianggap layak disebut dibayar rendah.

Jika seseorang tidak berpikir mereka dibayar cukup untuk melakukan pekerjaan mereka, maka mereka menganggap diri mereka di bawah bayaran. Jika mereka meneliti upah untuk pekerjaan itu dan menemukan bahwa mereka memang dibayar rendah, maka ketidakpuasan pasti terjadi.

Dari perspektif perusahaan, ini adalah masalah yang berharga dan penting karena individu yang tidak puas dengan uang yang mereka hasilkan, untuk pekerjaan yang mereka lakukan, kemungkinan besar akan meninggalkan organisasi.

Pertumbuhan Karier Terbatas

Tidak memiliki kesempatan untuk naik tangga dan menumbuhkan karier adalah bidang lain yang dapat menumbuhkan ketidakpuasan dengan suatu posisi.

Untuk aspek ini, penting untuk dipahami bahwa tidak semua orang ingin naik tangga.

Ini bisa berarti bahwa karyawan tersebut berpotensi pergi ke organisasi lain yang mungkin memiliki peluang pertumbuhan karier yang lebih baik.

Ini adalah konsep yang sangat mudah; bahwa seseorang tidak boleh memulai kariernya dengan pekerjaan yang bukan bidang minat orang itu.

Kurangnya minat dalam pekerjaan adalah alasan lain mengapa karyawan tidak bahagia. Sebagian besar karyawan ingin melakukan tugas pekerjaan yang menarik dan menantang.

Pekerjaan yang monoton menyebabkan seorang karyawan mengalami kebosanan. Karyawan yang bosan dan tidak tertantang mengalami sedikit insentif untuk memusatkan perhatian pada produktivitas tempat kerja.

Manajemen yang Buruk

Tim manajemen memainkan peran penting dalam suatu organisasi. Manajer bertanggung jawab untuk memotivasi karyawan, perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian dalam organisasi.

Alasan utama mengapa karyawan berkinerja buruk di tempat kerja adalah manajemen yang buruk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2