Mohon tunggu...
SoftwareSeni Indonesia
SoftwareSeni Indonesia Mohon Tunggu... Programmer - Software House

A fast-growing Software House company with 100+ clients around the world.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

5 Keuntungan dari Layanan Software House

7 Agustus 2018   14:00 Diperbarui: 10 Juni 2019   10:27 813
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
software developer indonesia - listgiant.com

Berbicara mengenai software development, Anda akan menghadapi dua pilihan: software development oleh tim IT internal (insourcing development), dan pengembangan yang dilakukan oleh perusahaan software developer Indonesia (IT outsourcing).

Apa arti kedua pilihan tersebut bagi perusahaan? Jika software development adalah kompetensi inti perusahaan, umumnya insourcing development menjadi pilihan dan dilakukan onsite. Strategi insourcing development masuk akal bagi perusahaan yang memiliki sumber daya yang cukup dan infrastruktur yang baik untuk mengembangkan perangkat lunak sendiri.

Jika perusahaan Anda berspesialisasi pada praktik bisnis lain dan pengembangan perangkat lunak hanyalah kegiatan tambahan,  akan jauh lebih ekonomis jika mengalihkan proses software development ke mitra terpercaya. Di sinilah outsourcing terjadi. Ini artinya, Anda mendelegasikan tanggung jawab pengembangan kepada pihak luar atau membawanya ke luar kantor. Mengambil langkah outsourcing memungkinkan perusahaan untuk berkonsentrasi pada kegiatan lain yang penting untuk bisnis.

Berikut ini 5 keuntungan jika Anda bekerja sama dengan software house untuk proyek pengembangan aplikasi web bisnis Anda. 

1. Fokus pada bidang utama kegiatan

Jika perusahaan Anda tidak beroperasi di pasar layanan pengembangan, membangun departemen IT dari awal dapat menghambat atau menunda pengembangan area utama operasi Anda. Ini bukan hanya tentang sumber keuangan - ini juga tentang pekerjaan dan waktu Anda. Perlunya pengembangan paralel dari jasa IT outsourcing bekerja untuk mendukung bisnis Anda. 


Mengirimkan beberapa aspek agenda kerja perusahaan ke software house akan memungkinkan Anda untuk mempertahankan kendali yang lebih besar atas bidang utama bisnis Anda, dan mengelola aspek strategis pengembangan bisnis Anda dengan lebih baik. 

Itu merupakan pilihan yang baik karena membantu Anda untuk mengurangi biaya operasional, merubah anggaran tersebut menjadi anggaran investasi, dan mengoptimalkan bisnis Anda. Tidak perlu membuang-buang waktu dan tenaga untuk suatu pekerjaan yang bukan merupakan inti bisnis atau bukan fokus utama.

2. Manajemen yang difasilitasi

Dengan membagi waktu antara area utama bisnis dan membangun departemen baru dari awal, Anda akan mengambil risiko situasi di mana tidak satu pun akan dikelola dengan benar. Merekrut dan kemudian mengatur kerja tim yang terdiri dari beberapa atau selusin orang terkait dengan energi yang harus dikeluarkan di bagian manajemen. Namun, mempekerjakan manajer tambahan akan berhubungan dengan biaya dan proses rekrutmen jangka panjang.

Manajemen IT outsourcing lebih sederhana karena seluruh proses pelaksanaan proyek adalah tanggung jawab vendor, dan di sisi klien, proyek dikoordinasikan oleh satu (atau beberapa) orang yang ditunjuk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun