Mohon tunggu...
Soleh Banget
Soleh Banget Mohon Tunggu... Portal Informasi

im a horseback archer

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Tips Keuangan Bagi Pengantin Baru yang Ingin Berinvestasi

4 Mei 2020   06:07 Diperbarui: 4 Mei 2020   06:44 12 0 0 Mohon Tunggu...

Tips Keuangan Bagi Pengantin Baru yang Ingin Berinvestasi

Menikah adalah awal baru dalam mengatur kondisi finansial Anda. Hal ini termasuk bagian yang sangat krusial dan akan berakibat fatal jika seandainya tidak direncanakan secara matang. mengingat tak jarang diantara para pasangan suami istri yang terpaksa harus berpisah dikarenakan masalah keuangan. Karena mereka tidak dapat mengatur finansialnya secara tepat. 

Jadi paling tidak Anda harus tahu tips keuangan bagi para pasangan suami istri yang baru saja menikah. Apalagi pada tahap ini sebenarnya kebutuhan belum begitu banyak, mengingat belum lahir buah hati atau anak.

Jadi jika dihitung-hitung sebenarnya income Anda masih utuh, hanya terpakai sedikit saja, apalagi jika keduanya sama-sama bekerja. Ditambah lagi tidak memiliki tanggungan seperti diantaranya adalah untuk rumah, kendaraan dan sebagainya. 

Jadi sangat mudah jika seandainya Anda ingin berinvestasi. Ingat bahwasannya investasi ini lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan tabungan biasa. Karena memang uang sangat rentan tergerus akan arus inflasi, sehingga membuat nilainya semakin lama jadi semakin menyusut.

Untuk itu maka berikut ini diantaranya beberapa tips bagi pasangan pengantin baru jika seandainya ingin berinvestasi, yaitu:

  1. Lunasi utang Anda terlebih dahulu, agar nantinya bisa lebih fokus di dalam berinvestasi, maka hal utama yang penting untuk Anda lakukan adalah dengan melunasi hutang yang dimiliki. Baik itu hutang kartu kredit, kemudian juga kendaraan sampai dengan KPR. Jika memang ada uang tak ada salahnya untuk melunasi hutang-hutang tersebut sesegera mungkin, jadi Anda bisa lebih fokus nantinya untuk investasi. Tanpa hutang nantinya rumah tangga akan terasa begitu nyaman.
  2. Buat tujuan investasi terlebih dahulu, orang yang ingin berinvestasi harus memiliki tujuan secara jelas. Diskusikan dengan pasangan mengenai hal ini, karena takutnya tanpa ada tujuan yang jelas, maka akan sangat rentan bagi Anda untuk terkena tindak penipuan. Mengingat bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya belakangan ini sering kali banyak penipuan yang berhubungan dengan investasi, apalagi jika pengetahuan juga kurang.
  3. Memilih instrumen investasi secara bijak, karena banyak sekali pilihan jenis instrumen investasi yang ditawarkan, tentunya Anda tidak boleh asal di dalam memilihnya, kenali terlebih dahulu keunggulan dan juga kelemahan instrumen tersebut. Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah dengan mengenal kebutuhan modal untuk bisa membeli instrumen tersebut. Karena setiap instrumen investasi memang memiliki nilai modal yang berbeda-beda.
  4. Carilah yang paling aman dan memang Anda butuhkan, seperti diantaranya adalah rumah, para pasangan pengantin atau suami istri baru pastinya sangat memerlukan rumah ini bukan yang dijadikan sebagai tempat tinggal. Itulah mengapa jika seandainya ada uang yang cukup utamakan berinvestasi kesini, apalagi setiap tahunnya nilai properti juga senantiasa mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
  5. Imbangi juga dengan perubahan gaya hidup, tak kalah penting bagi Anda adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup, sebaiknya terapkan gaya hidup yang hemat. Karena dalam hal ini bagaimanapun dengan merubah gaya hidup menjadi lebih hemat, tentunya lebih banyak dana atau uang yang dapat Anda save atau simpan.

Mulailah dari sekarang dalam menerapkan tips keuangan tersebut, apalagi memang bagi para pasangan suami istri baru yang sudah memiliki rencana bagi masa depan Anda, ingin kondisi finansial selalu cerah dan juga terjamin bagi anak-anak Anda kelak. Kondisi keuangan yang sehat juga akan mengurangi resiko masalah pada rumah tangga.

VIDEO PILIHAN