Mohon tunggu...
Sofyan Utiarahman
Sofyan Utiarahman Mohon Tunggu... Guru - Master Trainer MGPBE, Fasilitator, Narasumber Kependidikan, Motivator, Instruktur Nasional, Penulis Pemula

Sofyan Utiarahman. Pecinta aksara. Peselancar Media. Menulis dan belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Selamat, Sekolah Lulus IKM Tahap Ke-2

28 Mei 2022   11:18 Diperbarui: 28 Mei 2022   11:28 1993 6 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Capture SK by Kemendikbud

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 027/H/KR/2022 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mandiri Pada Tahun Ajaran 2022/2023 Tahap II. Ucapan Selamat kepada para kepala sekolah yang tetap berkomitmen, beradaptasi, dan bersikap berani dalam mengambil keputusan.

Pengurus PGRI Kabupaten Boalemo berkomitmen membangun kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (dalam hal ini Tim Pengembang Kurikulum) berinisiatif melaksanakan kegiatan workshop bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Boalemo (boleh juga dari daerah lain, he..he..). Komitmen tersebut sebagai wujud sikap soliditas dan solidaritas sesama warga guru dan apresiasi atas komitmen kepala sekolah beradaptasi dengan transformasi pendidikan.

Satuan Pendidikan pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka tahun ajaran 2022/2023 terdiri atas tiga kategori, yakni:

  1. Mandiri BelajarPilihan Mandiri Belajar memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan untuk menerapkan Prinsip-Prinsip Kurikulum Merdeka beberapa bagian tanpa mengganti kurikulum yang sedang diterapkan pada satuan pendidikan bersangkutan. Misalnya, Sekolah Anda sedang menerapkan Kurikulum 2013, maka anda tetap menerapkan kurikulum tersebut dengan memberlakukan prinsip-prinsip pembelajaran yang terdapat pada Kurikulum Merdeka. Uraian lebih lanjut tentang prinsip-prinsip pembelajaran kurikulum merdeka dapat anda baca pada artikel yang banyak tersedia di google atau pada sarana lainnya.
  2. Mandiri BerubahPilihan Mandiri Berubah memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan untuk menerapkan kurikulum merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan oleh pemerintah. Untuk mendapatkan perangkat ajar tersebut, anda dapat peroleh melalui Platform Merdeka Mengajar atau media lainnya.
  3. Mandiri BerbagiPilihan Mandiri Berbagi memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dengan mengembangkan sendiri perangkat ajar pada satuan pendidikan bersangkutan. Perangkat ajar yang Anda gunakan, selanjutnya bisa dibagikan kepada sekolah lain atau Anda dapat menunggahnya melalui platform Merdeka Mengajar.

Motivasi bersama untuk membangun pendidikan:

  1. Ucapan selamat dan apresiasi kepada Kepala Sekolah beserta jajarannya yang telah mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri. 
  2. Kepala sekolah adalah agen perubahan. Jadilah pemimpin yang selalu membaca dan melakukan perubahan.
  3. Tumbuhkan semangat dan afirmasi positif setiap hari, setiap saat. Saya pun turut merasakan, semangat kendor. Untuk mengatasi semangat kendor tersebut, ingat kembali saat kita berjuang dengan peluh ketika kita masuk pendidikan guru, memilih profesi guru. Ingatlah, di luar sangat banyak yang ingin masuk dan mengikuti pengangkatan guru, namun nasib mereka belum terkabul.
  4. Kepala sekolah harus berani salah. Karena kesalahan akan ditemukan oleh orang yang bekerja, bukan orang yang diam (tidak bekerja).
  5. Kepala sekolah harus berani mengambil resiko. Tantangan yang kita hadapi akan memberikan pelajaran emas agar kita mencapai kedewasaan. Tantangan akan kita temukan saat kita bekerja, bukan saat kita diam (tidak bekerja).

Sukses selalu, Sukses Bersama.

Tergerak, Bergerak, dan Menggerakkan.

Salam Perubahan!

Salam Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar.

By. Sofyan Utiarahman

SK BSKAP tentang Sekolah Lulus IKM Tahap II dapat diunduh di sini

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan