Mohon tunggu...
Sofi Mahfudz
Sofi Mahfudz Mohon Tunggu... Penulis Amatir

Suka Bisnis dan Nulis

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Sempat Anjlok 14 Rb/Kg, Berapa Harga Ayam di Pare Sekarang?

29 April 2020   20:26 Diperbarui: 29 April 2020   20:36 10 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sempat Anjlok 14 Rb/Kg, Berapa Harga Ayam di Pare Sekarang?
Sumber: Jatimnews

Pare dan Pendemi Corona

Kami tinggal di Pare Kediri. Salah satu daerah di Kediri yang sempat masuk status zona merah.

Status ini dipicu oleh salah satu warga desa Tulungrejo yang positif Covid-19 dan meninggal. Semakin hari, jumlah ODP dan PDP bertambah.

Sejak itu, social distancing diperketat. Jalan-jalan utama dibatasi jam aksesnya. Warung dan rumah makan banyak yang tutup. Jika buka pun, pembelinya hanya sedikit. Pasar Pare tetap ramai meski tidak seramai dulu.  

Situasi social distancing berlaku hingga hari ini. Maka, jika kita jalan-jalan ke Pare, suasananya akan terasa beda dibanding tahun lalu.

Padahal ini Ramadhan. Biasanya ini adalah peak season-nya para pedagang dan pengusaha. Terutama para pedagang kebutuhan pokok.

Biasanya, adanya momen Ramadhan dan permintaan yang tinggi memicu naiknya harga-harga.

Saat Ramadhan ini ketika corona mewabah yang berdampak buruk bagi aktifitas perekonomian masyarakat, apakah harga bahan pangan tetap stabil?

Harga Beberapa Bahan Pangan Di Pare

Ayam

Sekitar seminggu lalu, menjelang Ramadhan, kami sempat membeli 1 ekor ayam potong dengan berat 2 kg seharga 28 ribu. Ayamnya sudah disembelih. Cuma masih utuh. Berarti per kg-nya 14.000 rupiah. Murah sekali. Itu harga ayam dari pedagang yang mengambil langsung dari peternak.

Sekarang, harga ayam per kg sudah merangkak naik menjadi 22 ribu perkilo dengan kondisi seperti diatas.

Beras
Beras belum mengalami kenaikan harga yang signifikan. Beras IR 64 harganya 8.600 rupiah per kg-nya. Harga ini harga dari selepan (tempat penggilingan padi), ya.

Telur
Saya biasanya beli telur di tetangga yang punya peternakan ayam petelur. 2 hari lalu beli telur harganya 22 ribu perkilo. Karena bukan peternak besar, jadi harga end user mengikuti harga toko.

Cabe Rawit
Harga cabe rawit per hari ini 9 ribu per kg. Ini harga di pasar pabrik Senowo.

Bawang Merah
Harga bawang merah berkisar antara 25 ribu-28 ribu perkilonya. Naik turun tapi masih dibawah angka 30 ribu.

Gula
Harga gula perkilonya 16 ribu. Ini termasuk turun. Karena sebelumnya harganya 17.500 perkilo.

Jagung Manis
Harga jagung manis termasuk mengalami kenaikan. Dari petani harganya 4.000 perkilo sampai mendekati 5.000 perkilo. Jika beli di pasar harganya sekitar 7.000 perkilo. Sebelumnya, dari petani harganya antara 2.000-2.500 perkilo.

Dari data diatas, bisa diambil kesimpulan kasar bahwa harga bahan pangan di awal Ramadhan di Pare Kediri ini RELATIF STABIL. Meskipun wabah corona masih menghantui.







VIDEO PILIHAN