Mohon tunggu...
Sofiatul Khadarisna
Sofiatul Khadarisna Mohon Tunggu... Write down here..........

What should I write on my bio?

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mahasiswa UNS Melakukan KKN Tanggap Wabah Covid-19 di Tulungagung

25 Juli 2020   15:56 Diperbarui: 25 Juli 2020   15:46 11 1 0 Mohon Tunggu...

Sofiatul Khadarisna , mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta melakukan kegiatan KKN Tanggap Wabah COVID-19 di RT 1 RW 1 Desa Sumberingin Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Kuliah Kerja Nyata ini dilakukan selama kurang lebih satu setengah bulan mulai awal Juni hingga pertengahan Juli di bawah bimbingan Bapak Arief Tri Setyanto, S.Psi., M.Psi., Psi. 

Berbeda dengan KKN pada umumnya, KKN Tanggap wabah COVID-19 ini dilakukan di daerah masing-masing mahasiswa secara individu. UNS memberikan wadah bagi mahasiswa untuk membantu masyarakat memahami hal-hal yang berkaitan dengan COVID-19. KKN yang dilakukan oleh Sofi ini mengangkat tema Supporting Pemahaman Masyarakat tentang COVID-19

Terdapat bebrapa program kerja yang dilakukan yang pertama yaitu memberikan edukasi dan informasi mengenai COVID-19 melalui media sosial. Materi yang disampaikan yaitu penjelasan dasar mengenai apa itu COVID-19, cara pencegahan, menghadapi new normal,  kiat-kiat mengisi waktu luang selama di rumah, dan update kasus COVID-19 di Tulungagung. 

Semua informasi dan edukasi tersebut dibagikan melalui laman Instagram pribadi milik Sofiatul (sofiatulkhadar) dan Whatsapp. Konten-konten COVID-19 dan update kasus dilakukan setiap hari selama masa KKN. Adanya unggahan edukasi seperti ini mampu membantu masyarakat lebih tahu tentang COVID-19 dan dapat lebih waspada menghadapi pandemi ini.

Program kerja yang kedua yaitu menyebarkan informasi mengenai COVID-19 melalui media cetak. Pemasangan banner di tempat-tempat strategis, pemasangan poster di setiap rumah masyarakat RT 1/RW 1 Sumberingin Kulon, dan pemasangan poster imbauan di musholla setempat. 

Pendekatan edukasi melalui media cetak ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga diri dari pandemi ini dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat. Sehubungan dengan mendukung masyarakat melakukan gerakan PHBS, kegiatan KKN ini juga membentuk sarana cuci tangan di pos kamling setempat.

Dokpri
Dokpri
Kegiatan selanjutnya yaitu membuat tutorial pembuatan disinfektan dan masker tanpa dijahit untuk masyarakat dalam bentuk foto dan vidio. Foto tutorial pembuatan masker dan disinfektan terdapat di dalam poster yang ditempelkan di setiap rumah. 

Tidak hanya tutorial, program kerja lain yaitu membagikan bahan disinfektan dan masker untuk masyarakat agar masyarakat RT 1/RW1 Sumberingin Kulon dapat membuatnya sendiri. 

Selain itu, untuk mengisi waktu luang selama di rumah saja, Sofiatul sebagai mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian memberikan referensi kegiatan berkebun sayur-sayuran. Sayuran di tanam di polybag yang kemudian dibagikan kepada masyarakat masing-masing mendapatakan tiga macam tanaman yaitu terong, cabai, dan pepaya. Masyarakat diberikan petunjuk perawatan dan nantinya dapat menikmati hasil dari tanaman tersebut.

VIDEO PILIHAN