Mohon tunggu...
Sofiatul Hasanah
Sofiatul Hasanah Mohon Tunggu... Lainnya - Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Prodi D4 Perhotelan Penerima beasiswa unggulan kemendikbud 2019

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Service Exellence

17 Agustus 2021   15:19 Diperbarui: 17 Agustus 2021   15:21 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

SERVICE EXELLENCE

Hai guys perkenalkan nama ku Sofiatul Hasanah, kini aku sedang menjalankan study semester 4 di STP Trisakti dan aku salah satu  mahasiswa yang mendapatkan beasiswa unggulan dari kemdikbud tahun 2019.

Kali ini aku akan membahas tentang Service Exellence, bagi kalian yang akan bekerja di suatu perusahaan dan bagi kalian yang baru berkecimpung di dunia usaha, alangkah baiknya untuk mengetahui apa itu service exellence.

Apa sih service exellence?

Service exellence adalah pelayanan yang sangat baik atau pelayanan yang terbaik. Tau gak sih kalau service exellence itu memang terlihat mudah untuk dilakukan, tetapi service exellence juga ada yang perlu di perhatikan. Apa aja? Kita harus memperhatikan standard layanan, bagi kamu yang baru atau pemula membuka usaha maka kamu harus membuat standard pelayanan di perusahaan mu. Kemudian harus memperhatikan kepuasan custemer terhadap pelayanan mu, pelayanan sesuai dengan standardnya tidak lebih dan tidak kurang, lalu harus membperhatikan pelayanan yang terbaik oleh perusahaan.

Service exellence ini bisa dilihat dari  sikap, cara karyawan dalam melayani pelanggan secara memuaskan, dengan memenuhi 4 unsur pokok yaitu kecepatan, keramahan, ketepatan, kenyamanan.

Bagi kamu pemilik usaha, untuk menciptakan service exellence kamu juga bisa melakukan beberapa strategi yaitu:

  • Menciptakan kualitas berorientasi dengan pelanggan.
  • Kemitraan dengan pemasok dan pelanggan.
  • Menekankan perbaikan secara terus-menerus. Melakukan perbaikan pada pelayanan baik itu fasilitas ataupun staff.
  • Komitmen Top management.
  • Melakukan penggukuran.
  • Keterlibatan karyawan.
  • Penghargaan dan pengakuan terhadap karyawan. Pada point ini sangatlah efektif dalam menciptakan service exellence dari diri seorang karyawan. Karena dengan pengakuan atau penilaian yang baik terhadap pelayanannya saat berkerja maka karyawan lain pun mendapatkan contoh atau pandangan seperti apa pelayanan terbaik yang harus mereka lakukan. Dan dengan memberikan apresiasi kepada karyawn yang melakukan pelayanan terbaik dengan hal ini membuat dia senang dan akan termotivasi untuk mempertahankannya, dan juga para karyawan lain akan berusaha untuk menjadi karyawan terbaik dalam melakukan service exellence.

Service merupakan suatu proses yaitu interaksi antara pembeli dengan penjual. Pelayanan yang ditawarkan merupakan "janji" dari penjual (service provider) kepada customer yang wajib dipenuhi, agar customer satisfied.

Selain hal itu, Service exellence juga memiliki prinsip loh. Mau tau apa aja prinsip dari service exellence, yuk dilanjut bacanya. 

Prinsip dalam service exellence yaitu menciptakan citra positif di mata customer.

Gimana sih caranya? Nih ada 9 cara yang akan aku bagiin ke kalian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun