Mohon tunggu...
Sofia Risnanda Habib
Sofia Risnanda Habib Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bimbingan Belajar di Desa Sumberagung oleh Mahasiswa KKN UM Tahun 2022 untuk Meningkatkan Minat Belajar

22 Juli 2022   06:36 Diperbarui: 22 Juli 2022   06:52 23 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Berbagai program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat sekitar. Observasi dilakukan sebelum menentukan program kerja yang sesuai untuk dilakukan. Melalui tahap observasi ini, masyarakat sekitar memerlukan bantuan dalam hal bimbingan belajar untuk siswa sekolah dasar dalam calistung (membaca, menulis, dan berhitung). Selanjutnya, dilakukan survey untuk melihat jumlah siswa sekolah dasar yang membutuhkan bantuan bimbingan belajar.

Program bimbingan belajar dilaksanakan setiap hari selasa dan kamis mulai jam 18.00 WIB hingga 19.00, yang dimulai selama satu bulan mulai tanggal 21 Juni-21 Juli 2022. Jumlah partisipan peserta bimbingan belajar berjumlah 20 anak mulai kelas 1 hingga kelas 6 Sekolah Dasar (SD) sekitar Dusun Dermosari. Tujuan pengadaan bimbingan belajar ini adalah untuk tetap meningkatkan minat belajar dan prestasi anak-anak serta guna mengisi waktu luang mereka selama masa liburan sekolah.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan bimbel dilakukan dengan melakukan pelatihan soal sesuai dengan tingkat kelas para siswa. Pelatihan soal seperti berhitung, membaca, menulis, mengenal bangun datar, serta bermain game di akhir bimbel untuk mengurangi tingkat kebosanan para siswa. Antusiasme para siswa tetap terlihat meskipun dilakukan saat liburan sekolah, sehingga memberikan kesan baik dan menyenangkan baik terhadap siswa serta mahasiswa yang mengajar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan