Mohon tunggu...
soalskul com
soalskul com Mohon Tunggu... Programmer - blogger

soalskul adalah blog yang berisi informasi seputar dunia pendidikan dari SD, SMP, SMA, SMK, SBMPTN, UM, Kedinasan, hingga info CPNS

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sejarah berdirinya Universitas Nasional (UNAS)

1 Juni 2020   21:12 Diperbarui: 1 Juni 2020   21:20 645 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bagi kita yang bertempat tinggal disekitaran Ibukota Indonesia yaitu DKI Jakarta, pasti tidak asing dengan deretan kampus Hits yang ada disana salah satunya yaitu BINUS, UMJ, UI, Gunadarma, UPN Jakarta dsb. Namun diantara kampus hits dan favorit tersebut, ada juga salah satu kampus yang juga menjadi favorit dikota metropolitan ini yaitu ada Universitas Nasional atau yang lebih akrab disebut dengan singkatan UNAS.

Universitas Nasional merupakan salah satu universitas yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki oleh Indonesia yang didirikan pada tanggal 15 Oktober 1949. Universitas ini berlokasikan tepatnya di Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia.

Berdirinya Unas tak lepas dari campur tangan Perkumpulan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (PMIK). Usaha yang dirintis para pendiri PMIK dimana lembaga ini mengadakan kursus yang pada awalnya meliputi bidang Ekonomi, Sosiologi, Politik, dan juga Filsafat.

Pelayanan PMIK kemudian dikembangkan statusnya menjadi perguruan tinggi Akademi Nasional. Meskipun berstatus swasta, akan tetapi Kementrian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Indonesia memberikan pengakuan dan persamaan penuh terhadap Akademi Nasional nasional ini setara dengan yang berstatus negeri.

Perkembangan selanjutnya yaitu pada tanggal 1 September 1954 PMIK berubah menjadi Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK) dan Akademi Nasional selanjutnya dirubah namanya menjadi seperti yang kita kenal sekarang yaitu Universitas Nasional / UNAS.

Sumber : soalskul.com

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan