Media

Belajar Menjadi YouTuber dari Ria SW

9 Maret 2018   00:42 Diperbarui: 9 Maret 2018   00:50 1278 0 0

Youtuber adalah salah satu pekerjaan yang mulai digemari oleh banyak orang. Selain menjadi terkenal, menjadi Youtuber dianggap sebagai cara mudah mengumpulkan pundi-pundi.

Seorang Youtuber harus dapat memutuskan genre yang paling dikuasai untuk ditayangkan. Pemilihan genre akun YouTube merupakan hal penting. Alasannya agar membantu penonton memilih genre yang digemari.

Pemilihan genre juga perlu diperhatikan, karena menjadi ciri khas dari akun YouTube yang Anda buat. Selama Anda memproduksi video, maka genre itu lah yang akan dibuat.

Materi kompasiana penulis sebelumnya telah membahas Kiat-kiat menjadi Youtuber yang Viral. Pada pembahasan kali ini, penulis mencoba untuk melihat kriteria video YouTube. Penulis memilih secara random video YouTube. Akhirnya penulis memutuskan untuk memilih video dari Youtuber Ria SW, yang memiliki genre tentang makanan.

Berikut penilaian penulis :

Desain

  • Style & Organization : (90) Meskipun pengambilan gambar dilakukan di tempat umum (pasar), tetapi bentuk keramaian mampu diminimalisir. Sehingga terkesan nyaman dan santai. Transisi antar adegan juga terlihat rapi.
  • Kreativitas : (95) Perpaduan kreativitas sangat menarik. Tidak ada celah kosong dalam video. Semua diatur sedemikian rupa sehingga penonton dapat merasa seolah-olah menikmati makanan yang disantap Ria.

Pesan/Konten

  • Konten : (85) Sejak detik awal video, Ria memperkenalkan lokasi dan yang disediakan di lokasi pengambilan gambar. Sayangnya, perkenalan di detik awal terlalu cepat. Sehingga sedikit kurang terdengar penjelasan mengenai Kawasan Kuliner Pasar Lama.
  • Kualitas : (90) Musik dan suara selalu mengiringi. Cahaya juga cukup. Saat di luar ruangan tidak terlalu cerah. Begitu juga saat berada di ruangan tidak terlalu gelap. Kamera pun mampu mengikuti Ria dengan stabil.
  • Ejaan, Penggunaan, Tata Bahasa dan Mekanisme : (90) Meskipun acara makan-makan, Ria mampu berceloteh dengan jelas di sela-sela suapannya. Setiap dialog yang dilakukan dengan Dennis (kameramen) diberi teks agar memperjelas. Keduanya saling melengkapi dalam menggambarkan makananan.

Refleksi Tertulis

  • Kesan Keseluruhan : (95) Secara keseluruhan, pesan dari video ini adalah mengajak penonton untuk menikmati kuliner Indonesia yang beragam di tengah terpaan kuliner kekinian. Sangat menarik untuk diikuti karena menawarkan sajian kuliner yang berbeda-beda.

Secara keseluruhan, penulis menyukai konsep yang ditawarkan Ria SW. Video dikemas secara menarik dan penuh warna. Gimik Ria saat menyantap pun mampu mengajak penonton merasakan nikmatnya hidangan. Namun perlu juga digarisbawahi bahwa penilaian ini adalah pendapat dari penulis. Jadi, kalau Anda tidak harus terpaku pada penilaian ini.