Mohon tunggu...
saya mausukses
saya mausukses Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Impresi Pertama

9 November 2018   14:22 Diperbarui: 9 November 2018   15:26 295 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
langleygroup.com.au

Belajar Kepribadian -- Seperti tagline iklan parfum di masa tahun 2000 yaitu "Kesan Pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda." Memang  Impresi pertama disetiap pertemuan sangatlah penting. Bayangkan anda  berada disebuah pertemuan penting dalam rangkaian acara makan malam.  Lalu anda dipertemukan dengan orang yang menyelenggarakan acara tersebut  dan disaat pertemuan anda itu lalu orang tersebut tiba-tiba bersin  berkali- kali sangat kencang saat anda mendekat, begitupun terjadi pada  orang-orang disebelahnya.  

Sudah  hampir pasti kejadian itu akan diingat sepanjang masa, bahkan mungkin  orang-orang menyebut anda sebagai "Sang pengundang bersin". Memang itu  bukanlah salah anda tapi impresi pertama tersebut dapat menjadi trademark kita selamanya. Contoh yang lebih sederhana , mungkin anda pernah  bertemu dengan orang yang matanya terus menerus berkedip tanpa anda tahu  alasannya. Mungkin pada saat nama orang itu disebut, anda tidak kenal  tapi kalau disebut ciri khasnya tersebut anda langsung klik.

       Setelah menyadari hal ini alangkah baiknya anda berfokus untuk  mempersiapkan diri anda guna menciptakan impresi pertama yang baik  kepada pihak lain. Tentunya anda lebih suka orang yang anda temui  memberikan impresi pertama yang baik kepada anda terutama apabila dia  adalah partner bisnis.

Beberapa poin penting untuk menciptakan impresi pertama yang baik adalah:

  1. Kerapihan dan Kebersihan

          Pakaian, rambut, gigi, kulit adalah beberapa hal yang harus dijaga  kerapihan dan kebersihannya agar tidak terkesan kotor dan tidak  profesional. Khusus untuk pakaian tidak perlu mahal yang penting rapih.

  1. Senyuman

         Senyuman sangatlah ampuh dalam menciptakan kesan ramah terhadap pihak  lain. Bercerminlah lalu senyumlah, apabila anda bahagia melihat senyuman  anda maka pertahankanlah. Namun apabila senyuman anda tidak dapat  memuaskan anda sendiri maka alangkah baiknya belajar senyum yang lebih  baik.

  1. Tatapan mata

         Usahakan selalu melakukan tatapan mata pada saat bertemu pertama kali,  dan hindari mata melihat ke luar atau ke jam tangan karena dapat  mengesankan pertemuan anda sangat tidak mengenakkan.

  1. Cara Bersalaman

          Sangat penting bagi para profesional untuk bersalaman dengan kekuatan tangan yang cukup.

  1. Suara

         Pastikan anda mengenal jenis suara sendiri. Mulailah belajar untuk  mengatur suara anda menjadi lebih enak didengar. Beberapa faktor yaitu:  intonasi suara, volume, ketepatan artikulasi merupakan hal penting untuk  membuat impresi pertama bagi pihak lain.

Besar  kemungkinan nasib anda dapat bergantung pada impresi pertama yang  diciptakan. Oleh sebab itu luangkanlah waktu anda untuk berusaha membuat  impresi pertama yang menarik terutama apabila menghadapi calon bos, calon partner bisnis dan calon pasangan hidup.

Artikel  ini boleh dishare tanpa perlu ijin. Apabila ada pertanyaan atau komen  silahkan tinggalkan pesan melalui medsos dibawah ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan