Mohon tunggu...
Slamet Samsoerizal
Slamet Samsoerizal Mohon Tunggu... Penulis - Fiksi dan Nonfiksi

Penggagas SEGI (SElalu berbaGI) melalui tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Anak-anak Kok Diajak Nonton Film Horor, Ya?

7 Agustus 2022   22:02 Diperbarui: 7 Agustus 2022   22:07 156 9 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

 Keinginan orang tua menonton film horor dan langkanya film anak-anak, merupakan dua hal yang perlu disikapi.

Dalam kajian usia, orang tua yang menyukai film horor tidak menimbulkan masalah baik psikologis maupun sosiologis. Ini disebabkan kematangan usianya mampu membawa ke pemahaman akan isi film tersebut.

Langkanya film anak-anak mengakibatkan anak-anak tidak mendapat asupan gizi yang baik akan film yang layak ditontonnya. Anak-anak,  menurut WHO,  adalah mereka yang berusia 2 -- 10 tahun.

Beberapa film layak buat anak merupakan produk lama. Misalnya Petualangan Sherina (2000), Untuk Rena (2005), Denias Senandung Di Atas Awan (2006), Laskar Pelangi (2008), dan Keluarga Cemara (2018).

Lalu, apa jadinya jika anak-anak diajak menonton film horor bersama orang tua?

Tiga Kategori Film Anak-anak

Film horor adalah genre film yang menyuguhkan hal-hal yang menakutkan, menegangkan, dan mengerikan. Konsep film horor pada dasarnya adalah meneror penonton melalui berbagai adegan dan atau tokoh yang menakutkan.

Charles Derry (1997) kritikus film Amerika, dalam bukunya Dark Dreams: A Psychological History of the Modern Horror Film membagi genre horor menjadi tiga subgenre:  horor psikologis (horror-of-personality), horor bencana (horror-of-Armageddon), dan horor hantu (horror-of-the-demonic).

Horor psikologis, tidak menjadikan tokoh-tokoh mitos, seperti vampir, iblis, dan monster sebagai tokoh utamanya. Dalam horor jenis ini, kita berhadapan dengan tokoh-tokoh manusia biasa yang tampak normal. Namun, di akhir film mereka memperlihatkan sisi "iblis" atau "monster" mereka.

Biasanya mereka adalah individu-individu yang "sakit jiwa" atau terasing secara sosial. Film Psycho juga dianggap memberikan model psikopat "sejati" yang kemudian akan muncul dalam film-film sesudahnya, terutama dengan adegan pembunuhan paling mencekam, yaitu adegan pembunuhan di dalam kamar mandi shower.

Horor bencana adalah jenis film horor yang mengangkat ketakutan laten manusia pada hari akhir dunia, atau hari kiamat. Manusia percaya bahwa suatu hari dunia akan hancur dan umat manusia akan binasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan