Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat pendidikan nasional, sosial, dan pengamat sepak bola nasional

Bekerjalah dengan benar, bukan sekadar baik

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tampillah Lebih Impresif, Menanglah Lebih 5 Gol atas Hong Kong U-19

16 September 2022   16:37 Diperbarui: 16 September 2022   16:44 129 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Sukses menjalani laga perdana fase Grup F Babak Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, dengan menggebuk Timnas Timor Leste U-19 empat gol tanpa balas, pasukan Garuda Muda yang dipimpin Shin Tae-yong (STy), Timnas Indonesia U-19, Jumat malam (16/9/2022) akan melakoni laga kedua vs Timnas Hong Kong U-19  di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Gagal paham, salah berita?

Sebelum saya bahas tentang laga kedua Pasukan Garuda Muda, ada hal yang saya luruskan agar media tidak salah tulis berita dan publik sepak bola nasional tidak gagal paham menyoal Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dan siapa yang kini sedang menjalani Babak Kualifikasi.

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang kini sedang berlangsung, termasuk Grup F yang di helat di Indonesia adalah diikuti oleh pemain-pemain dari semua negara peserta yang usianya maksimal masih 19 tahun. Bahkan, meski saya sebut rata-rata peserta Timnas menurunkan pemain maksimal berusia 19 tahun di 2022 ini, Timnas Indonesia yang kini disebut skuat U-19 malah diperkuat oleh beberapa pemain yang masih berusia 17 tahun.

Mengapa hal ini saya ungkap, banyak media dan publik sepak bola nasional yang gagal menulis berita dan gagal paham dengan menyebut Timnas U-20 yang seharusnya Timnas U-19. Jadi, yang benar Babak Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, diikuti oleh peserta Timnas U-19.

Melawan Hong Kong

Laga kedua fase grup versus Hong Kong  U-19 juga akan menjadikan pembuktian lagi bagi anak asuh STy ini. Kendati mampu menekuk Timor Leste U-19 dengan empat gol, penampilan anak-anak masih dapat ditingkatkan. 

Terlebih dalam laga tersebut, publik sepak bola nasional juga banyak yang mengkritik penampilan Marcelino dan Ronaldo yang belum sesuai ekspetasi.

Laga kedua memang hanya meladeni Hong Kong U-19, tim yang sudah dipermak Vietnam U-19 5-1 di laga perdana. Untuk itu, selain adanya harapan penampilan yang lebih baik, jumlah gol pun akan dijadikan tolok ukur bagi Pasukan Garuda Muda ini.

Bila sebelumnya Timnas Vietnam U-19 mampu menahan imbang Indonesia U-19 di Piala AFF 2022, tetapi kini Vietnam mampu membungkam Hong Kong 5-1 dengan perubahan komposisi pemain yang tidak begitu signifikan. Maka, Indonesia U-19, secara matematis pun wajib mampu menceploskan minimal 5 gol ke gawang Hong Kong, demi mengamankan posisi di Grup F. Pasalnya, Vietnam U-19 tentu akan berusaha menggulung Timor Leste U-19 dengan jumlah yang banyak.

Untuk itu, agar memudahkan Indonesia U-19 menjadi juara Grup F, menang minimal 5 gol atas Hong Kong juga menjadi target penting. Sebab, saat di laga terakhir fase grup, bentrok meladeni Vietnam U-19 kemungkinan bisa saja terjadi hasil imbang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan