Mohon tunggu...
suryansyah
suryansyah Mohon Tunggu... Editor - siwo pusat

warga depok paling pinggir, suka menulis apa saja, yang penting bisa bermanfaat untuk orang banyak. Email: suryansyah_sur@yahoo.com, siwopusat2020@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Spanyol vs Brasil: Pertarungan Filosofi Sepak Bola

7 Agustus 2021   10:25 Diperbarui: 7 Agustus 2021   10:35 124 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Spanyol vs Brasil: Pertarungan Filosofi Sepak Bola
Final sepakbola Olimpiade Tokyo 2020. foto sportco

Brasil vs Spanyol bukan hanya pertemuan dua tim atraktif. Bukan hanya perebutan medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Tapi juga menjadi pertempuran ide, persaingan kontemporer yang tajam.

Final sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 ini digelar di Stadion Nissan, Yokohama, Sabtu (7/8). Brasil tentu lebih diunggulkan sebagai favorit mengingat berstatus juara bertahan.

Selecao lolos ke final setelah mengalahkan Meksiko. Sedangkan Spanyol menyingkirkan tuan rumah Jepang di semifinal.

Hampir satu dekade yang lalu, pada akhir tahun 2011, Barcelona asuhan Pep Guardiola bertemu Santos di final Piala Dunia Antarklub. Laga itu mengejutkan banyak orang Brasil. Barcelona meraih kemenangan 4-0 dengan mudah.

Dalam konferensi pers pasca pertandingan, Guardiola menancapkan stiletto. Timnya memperlakukan bola, katanya, seperti yang kakeknya katakan kepadanya bahwa Brasil dulu melakukannya.

Tidak mengherankan bahwa ini memicu reaksi. Dengan permainan passing yang sabar, Spanyol saat itu menjadi juara bertahan dunia dan Eropa, beberapa bulan lagi akan sukses mempertahankan gelar kontinentalnya.

Tapi bukan hanya kemenangan yang membuat pemain Brasil bangkit. Itu adalah kesombongan yang dengannya ini dicapai. Orang Brasil dapat dimengerti dan pantas bangga menjadi satu-satunya juara dunia lima kali.

Tetapi ada juga kebanggaan karena dipandang sebagai penjaga spiritual dari apa yang di luar negeri disebut sebagai "permainan yang indah", dan di Brasil disebut sebagai "seni sepak bola".

Tetapi dengan banyak pelatih Brasil sekarang terpaku dengan serangan balik, inilah orang Spanyol dengan pretensi untuk merebut mereka - untuk menang dan kemudian berkokok setelah itu tentang cara mereka melakukannya.

Benar, banyak orang Brasil sedikit bosan dengan permainan penguasaan bola Spanyol. Di mana Barcelona memiliki Lionel Messi untuk memberikan fantasi individu dan dribel destruktif yang membingungkan, dalam ketidakhadirannya, umpan Spanyol terkadang bisa basi. Tapi di lain hal itu bisa mempesona, latihan geometri yang konstan dan dinamis, segitiga baru terus-menerus terbentuk saat dua pemain bertukar umpan dan yang ketiga pindah ke posisi untuk menerima.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan