Mohon tunggu...
siti umy asih
siti umy asih Mohon Tunggu... -

Never doubt the strength of your heart

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Berbasis WEB

17 Januari 2014   19:52 Diperbarui: 24 Juni 2015   02:44 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pembelajaran berbasis WEB yang popular dengan sebutan web-based training (WBT) atau kadang disebut dengan web-based education (WBE) dapat didefinisikan sebagai aplikasi teknologi web dalam dunia pembelajaran untuk sebuah proses pendidikan. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa semua pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi internet dan selama proses belajar dirasakan terjadi oleh yang mengikutinya maka kegiatan itu dapat disebut sebagai pembelajaran berbasis Web.

Kemudian yang ditawarkan oleh teknologi ini adalah kecepatan dan tidak terbatasnya pada tempat dan waktu untuk mengakses informasi. Kegiatan belajar dapat dengan mudah dilakukan oleh peserta didik tersebut. Batas ruang, cara, dan waktu tidak lagi menjadi masalah yang rumit untuk dipecahkan.

Bagaimana cara belajar melalui Web? Ada persyaratan utama yang perlu dipenuhi, yaitu adanya akses dengan sumber informasi melalui internet. Selanjutnya adanya informasi tentang dimana letak sumber informasi yang ingin kita dapatkan berada. Ada beberapa sumber data yang dapat diakses dengan bebas dan gratis, tanpa proses administrasi pengaksesan yang rumit. Ada beberapa sumber informasi yang hanya dapat diakses oleh pilihan yang memang telah diberi otorisasi pemilik sumber informasi.

Teknologi internet memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk mendapatkan informasi apa saja, dari mana saja, dan kapan saja dengan mudah dan cepat. Informasi yang tersedia di berbagai pusat data di berbagai computer di dunia. Selama komputer-komputer tersebut saling terhubung dalam jaringan internet, dapat kita akses dari mana saja. Ini merupakan salah satu keuntungan belajar melalui internet.

Mewujudkan pembelajaran berbasis Web bukan sekedar meletakkan materi belajar pada Web untuk kemudian di akses melalui komputer Web di gunakan bukan hanya sebagai media internatif pengganti kertas untuk menyimpan berbagai dokumentasi atau informasi. Web di gnakan untuk mendapatkan sisi unggul yang telah diungkap. Keunggulan tersebut tidak dimiliki media kertas ataupun media lain. Pada sub-bab judul sengaja dikatakan pembelajaran berbasis Web itu unik, tetapi serius. Kata serius dipakai untuk mengungkapkan bahwa merancang sampai dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis Web tidak semudah yang dibayangkan. Selain infrastruktur internet, pembelajaran berbasis Web memerlukan sebuah model instruksional yang memang dirancang khusus untuk keperluan itu. sebuah model instruksional merupakan komponen vital yang menentukan keefektivan proses belajar. Apapun model instruksional yang di rancang, interaktivitas antara peserta didik, guru, pihak pendukung, dan materi belajar harus mendapatkan perhatian khusus. Ini bukan merupakan pekerjaan yang mudah.

Banyak pihak mencoba menggunakan teknologi Web untuk pembelajaran dengan meletakkan materi belajar secara online, lalu menugaskan peserta didik untuk mendapatkan (downloading) materi belajar itu sebagai tugas baca. Setelah itu, mereka di minta untuk mengumpulkan laporan, tugas, dan sebagainya kembali ke guru juga melalui internet jika ini dilakukan tentunya tidaklah menimbulkan proses belajar yang optimal.

Kita dapat bayangkan suasana di ruang kelas ketika sebuah “proses belajar” sedang berlangsung. Berapa banyak diantara peserta didik aktif terlibat dalam diskusu dan sesi tanya-jawab? Apa yang mereka lakukan di kelas? Dan tentunya masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lain yang sebenarnya sudah kita ketahui jawabannya. Monitoring proses dalam pembelajaran berbasis Web lebih sulit dari pada di ruang kelas. Menyediakan bahan belajar online tidak cukup. Diperlukan sebuah desain instruksional sebagai modal belajar yang sama sejumlah (sama banyaknya dengan kegiatan di ruang kelas) peserta didik untuk terlibat dalam berbagai kegiatan belajar.

Satu hal perlu di ingat adalah bagaimana teknologi Web dapat membantu proses belajar. Untuk kepentingan ini materi belajar perlu dikemas berbeda dengan penyampaian yang berbeda pula.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun