Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN Gogodeso 01 Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Lumpia Isi Rebung Sudah Biasa, Coba Bikin Lumpia dengan Isian Berbeda

5 Desember 2021   02:54 Diperbarui: 5 Desember 2021   17:58 280 32 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kue Lumpia | Foto: Siti Nazarotin

Lumpia, Jajanan Asal Tionghoa

Menurut wikipedia, Lumpia bisa dieja sebagai lun pia (Hanzi), long pia (Bahasa Inggris), adalah jajanan tradisional asal Tionghoa. Sedangkan lumpia yang dikenal di Indonesia adalah lafal dari Bahasa Hokkian.

Lumpia berbentuk lembaran tipis yang terbuat dari tepung gandum, sebagai pembungkus isian yang umumnya adalah rebung, telur, sayuran segar, daging, atau makanan laut.

Di Indonesia, lumpia dikenal sebagai jajanan khas kota Semarang dengan cara pembuatan dan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan tradisi daerah setempat. Tentu yang sudah familier, kulit lumpia berbahan dasar tepung terigu. Sedangkan isian, banyak variasi bahan yang digunakan.

Lumpia semarang adalah hasil paduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah. 

Lumpia mulai dijual dan dikenal ketika pesta olahraga Games of the New Emerging Forces (GANEFO). Suatu ajang olahraga yang didirikan mantan Presiden Soekarno yang pesertanya diikuti oleh negara-negara berkembang.

Apa perbedaan Antara Lumpia dan Resoles

Dulu, saya pernah bingung membedakan antara lumpia dan resoles. Sempat berpikir bahwa lumpia itu ya resoles. Cuma orang beda menyebutkan saja.

Eee, ternyata memang beda. Meskipun kulitnya sama-sama dari tepung terigu, namun beda cara mengolahnya pun isiannya juga beda.

Mungkin ada pembaca yang seperti saya juga, belum ngeh perbedaan antara lumpia dan resoles. Apa saja sih, perbedaan antara keduanya?

  1. Kulit lumpia lebih garing dan krispi sedangkan kulit resoles lebih lembut.
  2. Kulit lumpia bisa dibeli di pasaran, sedangkan kulit resoles harus bikin sendiri, dan itu memakan waktu lama.
  3. Seringnya lumpia yang dijajakan berisi rebung dan campuran telur, diiris tipis, sedangkan resoles berisi kentang, wortel dan daun bawang.
  4. Kulit lumpia, setelah diisi rebung, digulung lalu langsung digoreng begitu saja. Sedangkan resoles, setelan diisi, digulung, dilumuri adonan tepung terigu, dibalur dengan tepung panir, baru digoreng.

Tuh, kan beda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan