Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru SDN Gogodeso 01 Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kreativitas dalam Mengolah Tempe

14 Juni 2021   20:29 Diperbarui: 14 Juni 2021   20:49 231 22 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kreativitas dalam Mengolah Tempe
Perkedel Tempe (Foto: Siti Nazarotin)

Hai, jumpa lagi pada tulisan kuliner saya. Semoga anda selalu dilimpahkan kesehatan lahir dan batin, sehingga bisa melalui hari-hari dengan baik.

Kali ini saya mau berbagi olahan berbahan dasar tempe. Sebagaimana kita ketahui, bahwa tempe merupakan bahan pangan yang sangat familier di masyarakat, karena harganya yang terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Bahkan saya lumayan yakin, bahwa tempe dan saudaranya, tahu, merupakan penghuni tetap kulkas para ibu. Wkwkwk.

Meskipun tempe dan tahu bisa dibilang makanan wajib, kita tak boleh memandang sebelah mata. Kita justru harus malah bersyukur dengan kehadirannya. Murah diharga namun tinggi manfaat dan kandungan gizinya, kita sudah sama-sama tahu.

Perlu Kreativitas dalam Mengolah Bahan Makanan

Masalahnya bukan pada murah tidaknya bahan yang kita olah setiap hari. Meskipun murah, namun kalau kandungan gizinya tinggi, maka bisa menjadi pilhan kita. Namun, yang patut kita pikirkan adalah, bagaimana dengan bahan yang sama, kita bisa mengolahnya menjadi sajian yang berbeda sehingga keluarga tidak jemu.

Tempe adalah bahan makanan yang multi fungsi, bisa diolah untuk sayur sekaligus lauk. Untuk sayur, tempe bisa dimasak lodeh, oseng, dan sambel goreng. Unruk lauk, tempe bisa digoreng langsung, bisa diolah menjadi bothok, diolah menjadi nugget dan bisa pula diolah menjadi perkedel.

Nah, resep yang terakhir inilah yang akan saya bagikan kepada Anda. Iya, Perkedel Tempe. Sebelum lebih lanjut saya udar tentang resep Perkedel Tempe kiranya perlu pula diketahui bahwa tempe itu terkadang ada yang enak, namun ada pula yang terasa agak sedikit kecut dan getir.

Begini Cara Mengolah Tempe Agar Tetap Enak Rasanya

Lalu bagaimana cara mengatasi agar tempe yang kita oleh tidak ambyar rasanya gegara kita tidak mengenal mana tempe yang asli dan mana yang ada campurannya?

Kalau anda sudah langganan pada penjual tempe tertentu yang bisa dipastikan tempenya tanpa campuran, itu sih enak. Tapi kalau anda belum punya langganan, atau terkadang langganan kita sudah kehabisan stok, adanya tinggal tempe yang ada campurannya. Anda nggak usah susah bin khawatir dan urungkan niat untuk memasak tempe.

Begini, sebelum kita memasak tempe, masak resep apapun, untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa kecut bin getir pada tempe, maka kita bisa mengukusnya terlebih dahulu. Atau kalau mau membuat sambel goreng tempe, kita bisa menggorengya terlebih dahulu, sebelum dibumbui.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN