Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Dinas di UPT SD Negeri Kuningan Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Bihun Jamur Kuping Bumbu Kecap dan Saos Tiram

4 September 2020   18:43 Diperbarui: 6 September 2020   20:40 534
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Akhir-akhir ini putri bungsu saya nggak mau makan nasi. Ya namanya gadis yang menginjak masa remaja, tak mau kelihatan gendut katanya. Jadi setiap hari saya memasak dua menu. Satu menu untuk saya dan suami, satu menu lagi untuk Si Bungsu.

Seperti tadi pagi, saya bikim mie, tapi bukan mie instan lo, mie bihun yang saya masak sendiri. Bihun Jamur Kuping Bumbu Kecap dan Saus Tiram, saya namai ini resepnya. Saya masak resep ini untuk Si Bungsu. Sedangkan suami saya bikinkan Sayur Lodeh Isi Koro.

Masak mie putih atau bihun maupun mie kuning gampang-gampang susah. Kenapa saya bilang gampang-gampang susah? Terkadang hasil masakan bisa memuaskan sesuai harapan, kadang sebaliknya.

Kegagalan dalam memasak itu sangat biasa. Siapapun pernah mengalaminya, seorang chef profesional sekalipun. Kegagalan bisa disebabkan banyak faktor. Bisa karena bahan yang digunakan tidak sesuai, bisa karena kendala alat masaknya, bisa pula kesalahan meracik bumbunya.

Bagi saya, memasak itu asyik. Memasak apapun itu, termasuk memasak mie. Memasak mie harus diperhatikan jenis mie-nya, bihun atau mie kuning, mie biasa atau mie yang bentuknya pipih, mie yang kenyal atau mie yang lembut, termasuk merknya juga akan berpengaruh terhadap bagaimana cara pengolahannya.

Mie yang kenyal memerlukan perebusan yang agak lama, sedangkan mie yang lembut hanya membutuhkan waktu sebentar untuk merebusnya bahkan ada yang hanya diseduh dengan air panas. Jadi hal ini harus difahami agar proses memasak menjadi lancar dan mengasyikkan.

Kembali pada resep saya tadi, Bihun Jamur Kuping Bumbu Kecap dan Saus Tiram, sangat mudah cara memasaknya. Baiklah saya bagikan saja ya.

Foto: St. Nazarotin
Foto: St. Nazarotin

Bahan:

250 gram bihun jagung

5 siung bawang merah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun