Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Dinas di UPT SD Negeri Kuningan Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Rindu dengan Wajik Ketan Gula Merah Bikinan Ibu

21 Juni 2020   15:00 Diperbarui: 21 Juni 2020   15:25 537
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari minggu bila tak ada acara keluar, saya selalu memanfaatkannya untuk memasak aneka makanan, minuman maupun cemilan pun bebersih rumah.

Setelah selama sepekan berjibaku dengan pekerjaan, hanya pada hari minggulah saya bisa lebih fokus menyelesaikan pekerjaan rumah sebagai ibu rumah tangga.

Hari Minggu yang selalu saya tunggu-tunggu.

Akhirnya datang lagi hari minggu. Tentunya tak saya sia-siakan waktu seharian ini untuk beraktifitas di rumah bersama keluarga.

Pada hari-hari lain, keluarga sering saya nomorduakan tersebab sebagai wanita yang bekerja pada instansi pemerintah tentunya saya harus mengutamakan tugas yang saya emban.

Hari minggu hari yang saya tunggu-tunggu setiap pekannya. Di samping untuk merefresh pikiran agar tidak spaneng dengan urusan pekerjaan, saya selalu punya rencana untuk bikin masakan yang akan saya nikmati dengan keluarga.

Seperti hari ini, sudah saya rencanakan beberapa hari yang lalu, saya akan bikin sesuatu. Bikin jajan tradisional yang selama ini belum pernah saya lakukan. Ya, Wajik Ketan Gula Merah.

Saya jadi teringat mendiang ibu. Beliau sewaktu hidupnya kalau ada hajatan keluarga sering bikin Wajik Ketan Gula Merah ini. Wajik Ketan Gula Merah bikinan ibu saya, sangatlah enak. Manis dan gurihnya pas, teksturnya juga pas, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras.

Sayang sewaktu beliau masih hidup, saya lupa tanya resepnya. Dulu, beliau bikin Wajik Ketan Gula Merahnya mesti dengan takaran yang banyak, karena memang ada hajatan. Bikinnya di tungku besar dengan memakai kayu bakar.

Jadi ini mungkin yang membuat para ibu masa kini malas untuk bikin Wajik. Selain ribet, bikin Wajik memakan waktu yang lama.

Berbagai olahan jajanan berbahan dasar beras ketan.

Seiring dengan berkembangnya dunia kuliner, semakin banyak bermunculan ide-ide kreatif. Dari masakan yang dulunya susah untuk dibikin, sekarang semakin mudah untuk dipraktekkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun