Mohon tunggu...
Sitinadhir Ollin
Sitinadhir Ollin Mohon Tunggu... Lainnya - Ollin unisa

Menuntut ilmu tidak hanya d dapatkan dari bangku sekolah. Menuntut ilmu itu setiap situasi dan kondisi. Hasilnya ilmu. Prosesnya dari pengalaman.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Manfaat Latihan Fisik untuk Siswa Selama Pembelajaran Online

10 September 2021   15:20 Diperbarui: 10 September 2021   15:18 138 3 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Manfaat Latihan Fisik untuk Siswa Selama Pembelajaran Online
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Manfaat Latihan Fisik Untuk Siswa Selama Pembelajaran Online

Siti Nadhir Ollin Norlinta,S.ST,Ft,M.Fis,  Rizky Wulandari,S.ST,FT,M.Fis,AIFO

Fisioterapi UNISA

Upaya yang dilakukan pemerintah dalam menangani wabah COVID -19 salah satunya  dengan melakukan social distancing. Adanya kebijkan tersebut sebagian besar sekolah di Indonesia menerapkan pembelajaran on line menurut himbauan dari Menteri pendidikan dengan nomor 15 tahun 2020. Sejumlah sekolah baik swasta maupaun negeri  mengeluarkan kebijakan untuk melakukan proses belajar di rumah.

Metode yang digunakan berbagai macam seperti menggunakan aplikasi online seperti zoom, google meet dll. Fakta yang ditemukan tidak semua sekolah di kabupaten sleman bisa menggunakan model pembelajaran tersebut. 

Ada beberapa faktor yang memepengaruhi seperti (1) Teknologi tersebut hanya di dapat pada sekolah yang berada di kota (2) Keterbatasan kompetensi guru (3) Pemanfaatan sumber teknologi seperti jaringan atau kuota. 

Sehingga metode pembelajaran yang paling banyak di gunakan dengan model penugasan dimana pada system pembelajaran ini guru hanya memberikan tugas kepada siswa dan siswa mempunyai kewajiban mengerjakan dan mengumpulkan pada hari tertentu.

Perubahan gaya hidup yaitu gaya hidup tradisional yang tergeser dengan gaya hidup milenial sehingga menyebabkan resiko terjadinya status gizi lebih semakin meningkat. 

Hasil studi yang dilakukan (Rahma E., Wirjatmadi, 2020) obesitas merupakan kelebihan gizi yang dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor.

Salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi adalah aktivitas fisik. Asupan energi yang berlebihan dan tidak diimbangi pengeluaran energi yang seimbang (kurang melakukan aktivitas fisik) akan menyebabkan terjadinya penambahan berat badan badan. Aktivitas fisik sangat diperlukan untuk menjaga berat badan ideal dan kebugaran tubuh.

Pada masa pandemi Covid-19, ada istilah baru di masyarakat yang disebut new normal. New normal adalah adaptasi kebiasaan baru, artinya beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan (memakai masker, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menghindari kerumanan dan lain-lain). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan