Mohon tunggu...
Siti Adidah
Siti Adidah Mohon Tunggu... Editor - Staff Komunikasi LAZ Al Azhar

Bekerja di lembaga sosial LAZ Al Azhar

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sambung Silaturahmi, Rahasia Memperlancar Rezeki

31 Oktober 2022   10:51 Diperbarui: 31 Oktober 2022   10:55 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Percaya enggak kalau rajin menyambung silaturahmi itu bisa memperlancar rezeki? Silaturahmi merupakan suatu amalan yang begitu disukai oleh Allah SWT. Begitu banyak manfaat dan hikmah yang dapat dirasakan bagi siapa saja yang mengamalkannya. Orang yang senang menyambung silaturahmi akan memperoleh keutamaannya mulai dari bertambahnya saudara, dipanjangkannya umur, hingga dilapangkannya rezeki.

Berdasarkan pengertian KBBI, silaturahmi memiliki arti tali persahabatan atau persaudaraan. Adapun dalam bahasa Arab, silaturahmi berasal dari kata "shilah" artinya adalah menyambung atau menghimpun dan "rahim" adalah kasih sayang. Simpulnya, silaturahmi merupakan sebuah upaya untuk mempererat dan menjalin tali persaudaraan, persahabatan, dan kasih sayang kepada sesama manusia.

Melakukan silaturahmi tidak hanya berkunjung atau berkomunikasi semata dengan sanak saudara maupun keluarga. Namun, memperbaiki hubungan yang retak menjadi bagian yang penting dalam konsep bersilaturahmi. Hadirnya rasa saling memaafkan dapat memberikan kedamaian dan ketentraman hidup.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW: "Bukanlah bersilaturahmi orang membalas kunjungan atau pemberian, tetapi yang bersilaturahmi adalah yang menyambung apa yang putus," (HR Bukhari).

Begitupun dengan yang tertulis dalam Al Quran Surat An- nisa ayat 36 yang artinya: "Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri."

Baca juga: Mereka Ini yang Berhak Menerima Zakat Kamu!

Dengan terjalinnya silaturahmi yang baik kepada sesama manusia, ada banyak manfaat yang bisa dipetik. Selain mendapatkan ridho Allah SWT dan memperluas tali persaudaraan, silaturahmi juga mampu melapangkan rezeki.

Lewat silaturahmi, hubungan sosial yang kita bangun akan membuka pintu-pintu rezeki. Misalnya saja dalam hal kerjasama ekonomi atau membangun usaha bersama karena kedekatan dan keakraban semua akan berjalan lancar. Selain itu jika silaturahmi terjalin baik dengan keluarga, rezeki dan kebaikan akan terus mengalir karena rezeki bukan hanya materi, tapi dapat berupa makanan, bantuan tenaga ataupun kebaikan lainnya.

Dalil bahwa silaturahmi dapat melapangkan rezeki dan memperpanjang usia berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW: "Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan dipanjangkan (sisa) umurnya, maka sambunglah (tali) silaturahmi," (H.R. Bukhari).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun