Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi tahun 2022: πŸ’—Kisah Inspiratif Melawan Keterbatasan Tanpa Batas. πŸ’— Buku Biru πŸ’—Pandemi vs Everybody Karya Antologi 2020-2021: πŸ’—Kutemukan CintaMU πŸ’— Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita πŸ’—150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi πŸ’— Ruang Bernama Kenangan πŸ’— Biduk Asa Kayuh Cita πŸ’— 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. πŸ’—Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati / @siska_mentorpaytren

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Berkat Kebiasaan Membacakan Cerita Jelang Tidur, Anak Jatuh Cinta pada Buku

29 September 2022   09:21 Diperbarui: 30 September 2022   20:00 293 39 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi anak membaca buku (Sumber: shutterstock)

Sejak masa usia pra-sekolah, saya mengenalkan anak berupa buku bergambar dengan nama yang menyebutkan benda-benda.Β 

Selain buku, ada juga flashcard bergambar dengan seri buah, binatang, peralatan makan, piranti masak-memasak, angka, dan lain sebagainya.

Buku yang lebih banyak menampilkan gambar dan warna daripada tulisan bertujuan untuk merangsang anak mengenal benda di sekitarnya.

Seiring dengan perkembangan usianya, saya pun membelikan paket buku Halo Balita, buku bacaan berisi tentang pendidikan kehidupan sehari-hari, seperti Aku Suka Berdoa, Belajar Berwudhu, Aku Tak Takut ke Dokter, dan lain-lain.

Serial Cerita Ba'da Isya (Sumber Dokumentasi Pribadi)
Serial Cerita Ba'da Isya (Sumber Dokumentasi Pribadi)

Buku dengan jenis hardcover di tiap halamannya, membuat anak nyaman melihat gambar berwarna dan tulisan yang menarik perhatiannya.

Saat makan maupun jelang tidur, saya kerap membacakannya. Anak sendiri yang memilih buku mana yang ingin dibacakan untuknya.Β 

Karena kebiasaan ini, meski belum bisa baca tulis, anak saya bisa bercerita ulang isi buku di tiap halaman dengan celoteh yang menggemaskan, sesuai kosakata yang ia miliki.

***

Semakin bertambah usia dan memasuki masa pendidikan anak usia dini (PAUD), saya mencoba mengenalkan bacaan berupa majalah anak-anak. Membeli majalah Bobo di kios buku, saya ulurkan kepada anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan