Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi tahun 2023: 💗Gerimis Cinta Merdeka 💗Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Versi Buku Cetak 💗 Yang Terpilih Antologi tahun 2022: 💗Kisah Inspiratif Melawan Keterbatasan Tanpa Batas. 💗 Buku Biru 💗Pandemi vs Everybody 💗 Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Ebook Karya Antologi 2020-2021: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan 💗 Biduk Asa Kayuh Cita 💗 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. 💗Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Ayam Ungkep Bumbu Kuning, Mengolah Persediaan Lauk untuk Keluarga

11 Mei 2022   08:15 Diperbarui: 23 Mei 2022   15:30 1291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ayam Ungkep Bumbu Kuning (Dok.Pri Siska Artati, olah foto by InCollage)

Sepekan sebelum lebaran, keluarga kami mendapat bingkisan dari orang tua murid yang anaknya les privat dengan saya, diantaranya berupa dua bungkus ayam potong beku kemasan. Per bungkus beratnya sekitar 1-1,1kg sesuai tertera pada plastik kemasan produk. Berisi 10 potong daging ayam dengan ukuran sedang.

Satu bungkus telah saya olah menjadi masakan Kari Ayam Jawa Simpel untuk berbuka puasa dan santap sahur di bulan Ramadan. Satu bungkus lainnya sengaja saya simpan di frezzer untuk saya olah di lain waktu.

Baca: Kari Ayam Jawa Simpel, Masakan Rumahan Bercita Rasa Lezat

Nah, kemarin saya berkesempatan beraktivitas di rumah saja, sehingga bisa meluangkan waktu sejenak untuk mengolah daging ayam yang masih tersimpan 1 kemasan tersebut.

Sehubungan isinya cukup banyak dan keluarga kami hanya bertiga saja, maka saya mencoba untuk pertama kalinya memasak Ayam Ungkep Bumbu Kuning, dengan tujuan agar saya memiliki persediaan lauk untuk keluarga.

***

Sebagaimana kita ketahui bahwa ayam adalah bahan pangan yang tidak sulit didapatkan. Selain itu, masakan ayam dengan berbagai menu dan olahannya juga biasanya menjadi makanan favorit di keluarga kita. 

Ayam ungkep adalah masakan dari daging ayam yang dibuat dengan cara direbus terlebih dahulu menggunakan beragam bumbu rempah. Perebusan biasanya memakan waktu yang cukup lama agar setiap rempahnya meresap ke dalam daging.

Lalu, dari hasil masakan tersebut, kita bisa membuatnya menjadi berbagai macam hidangan. Selain rasanya lezat, aroma ayam ungkep juga sangat menggugah selera, lho. 

Lakimares, yuk, Pembaca!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun