Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, penyuka buku dan lagi senang Nulis

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan 💗 Biduk Asa Kayuh Cita 💗 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati / @siska_mentorpaytren

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Pertama Kali Bikin Tongseng Daging Sapi, Inilah Hasilnya!

27 Juli 2021   11:12 Diperbarui: 27 Juli 2021   18:04 1107 41 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pertama Kali Bikin Tongseng Daging Sapi, Inilah Hasilnya!
Tongseng Daging Sapi ala Siska Artati | Dokumentasi pribadi

Sepekan sudah Idul Adha berlalu, namun stok daging qurban masih tersedia di kulkas. 

Selama itu pula, saya berburu resep masakan daging kambing dan sapi, baik melalui unggahan sesama Kompasianers, obrolan kawan-kawan di sebuah grup WhatsApp, ngobrol melalui jalur pribadi, nonton tutorialnya di kanal YouTube. 

Bahkan ada yang langsung saya telpon biar makin jelas tahapan mengolah daging dan menyiapkan bumbu masakannya, demi bisa memasak yang lebih variatif.

Oiya, bagaimana kabar pembaca hari ini? Sehat selalu ya. Bergembiralah, meskipun pandemi masih membersamai. Kita harus tetap bahagia dan semangat menjalankan aktivitas di rumah. 

Seperti halnya ketika mengolah masakan Daging Sapi Masak Malbi pekan lalu, kali ini sebelum memasak Tongseng Daging Sapi ala Siska Artati, saya marinasi daging sapi terlebih dahulu.

***

Marinasi adalah proses perendaman daging di dalam marinade, sebelum diolah lebih lanjut.

Marinade adalah nama populer dari cairan berbumbu yang berfungsi sebagai perendam daging (termasuk juga daging unggas dan seafood), biasanya digunakan untuk menambahkan flavor atau cita rasa dan/atau meningkatkan keempukan daging. 

Variasi marinade sangat banyak dengan kekhasan formulanya masing-masing. Pemilihan marinade karenanya menjadi kunci penting untuk menghasilkan masakan daging yang lezat. 

Kenapa pilihan saya jatuh pada masakan tongseng?

Karena saya belum pernah sama sekali masak tongseng dari hasil masakan tangan saya sendiri. Sedangkan saya suka banget masakan jenis ini jika berkesempatan makan di luar rumah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN