Mohon tunggu...
Siska Damayanti
Siska Damayanti Mohon Tunggu... KKN UM 2021

Desa Majangtengah,Kecamatan Dampit,Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Beri Pelatihan Penanaman Sayur kepada Ibu PKK Dusun Kedawung

22 Juli 2021   23:28 Diperbarui: 22 Juli 2021   23:31 58 1 0 Mohon Tunggu...

Penanaman sayuran di pekarangan bukan merupakan suatu hal yang baru. Tujuan dari kegiatan ini yaitu,meningkatkan ketahanan pangan keluarga. Namun sayangnya masyarakat di Desa Majangtengah Dusun Kedawung masih belum tertarik untuk melakukan hal tersebut. 

Berdasarkan penuturan salah satu anggota PKK Dusun Kedawung, yaitu Bu Susi mengatakan "Masyarakat Dusun Kedawung masih belum tertarik dengan kegiatan yang berhubungan tanaman. Sehingga memang jarang ditemui tanaman, terutama tanaman sayuran di rumah-rumah warga".

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan pelatihan mengenai Penanaman Sayur dalam Polibag di Dusun Kedawung, Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Kamis (1/7). Kegiatan pelatihan ini dilakukan di salah satu anggota PKK, yaitu Bu Paitri yang di mulai pukul 06.00 WIB s.d 08.00 WIB.  Acara tersebut turut dihadiri oleh ibu-ibu PKK setempat.

Pelatihan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UM dalam membantu mengatasi permasalahan warga Dusun Kedawung untuk meningkatkan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19 yang melanda. Banyak dampak yang ditimbulkan oleh adanya pandemi ini, salah satu diantaranya yaitu berpengaruh terhadap kondisi ekonomi masyarakat yang tentunya akan mempengaruhi ketahanan pangan mereka. Oleh karena itu Mahasiswa KKN UM mengadakan pelatihan penanaman sayur menggunakan media polybag untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga di tengah pandemic Covid-19.

Di dalam pelatihan ini, ibu-ibu PKK dilatih bagaimana proses menanam sayuran dengan menggunakan media polybag yang baik dan benar juga memberikan ilmu seputar tanaman. Tidak hanya itu, Mahasiswa KKN UM juga membagikan media tanam serta bibit sayuran kepada ibu-ibu PKK. Selama proses pelatihan terlihat ibu-ibu PKK sangat antusias dalam menerapkan ilmu yang telah diberikan oleh Mahasiswa KKN UM. Bu Paitri selaku salah satu anggota PKK, menyatakan bahwa "Pelatihan seperti ini memang sangat bermanfaat bagi warga sekitar. Selain mendapat ilmu tentang menanam sayur dengan menggunakan media polybag juga tanaman tersebut dapat dipanen dan dikonsumsi sendiri tanpa takut akan kualitas sayur karena menanamnya sendiri."

Dengan adanya program pelatihan penanaman sayur menggunakan media polybag ini diharapkan mampu menggerakkan masyarakat Dusun Kedawung, Desa Majangtengah untuk senantiasa melakukan kegiatan ini mengingat kegiatan ini memiliki banyak manfaat salah satunya adalah meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x