Mohon tunggu...
Azmi Siroth Najjah
Azmi Siroth Najjah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNUSA

5130020071 Prodi Manajemen Universitas NU Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Aktivitas pada Bulan Ramadhan

9 Mei 2021   01:45 Diperbarui: 9 Mei 2021   01:58 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Bulan ramadhan tahun ini terasa sangat berbeda dibanding dengan ramadhan tahun sebelumnya, dikarenakan ada nya pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.
Dengan rasa semangat aku menyambut bulan ramadhan ini karena dibulan suci ini lah semua kebaikan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Namun ada hal yang belum terbiasa, seperti bangun pada pukul 03:00 wib untuk sahur, karena pada hari-hari sebelumnya bangun ketika adzan shubuh.


Hari pertama puasa, ibu ku membangunkan ketika sahur "dek, ayo sahur biar gak lemes puasanya" kata ibu ku. Dengan bergegas aku bangun lalu menuju ruang makan untuk sahur, dengan mata yang sesekali masih merem dan mulut menguap aku pun makan dan menghabiskan nya. Setelah itu, aku menuju kamar mandi untuk mandi karena sudah kebiasaan dari kecil ketika bulan ramadhan mandi sebelum shubuh sekalian mengambil wudhu. sehabis itu aku pun menunggu adzan shubuh dan melaksanakan sholat berjamaah bersama bapak dan ibu ku di musholla rumah.


Setelah sholat shubuh aku pun membaca al-Qur'an sambil menunggu matahari mulai terang untuk mencuci pakaian, matahari pun sudah mulai terang aku pun pergi ke belakang rumah untuk mengambil tumpukan pakaian yang sudah kotor untuk dicuci, dan memasukkan nya ke mesin cuci lalu menunggu beberapa menit, lalu dijemur dilantai 2.


Membaca al-Quran sudah, mencuci sudah, sekarang tinggal menunggu waktunya untuk kuliah. Dikarenakan masih dalam keadaan pandemi, perkuliahan pun dilakukan dengan online atau daring. sekitar 2 jam an perkuliahan melalui zoom pun sudah selesai, biasanya kalau tidak ada jam perkuliahan lagi aku pun langsung tidur sampai pukul 12:00. pada pukul 12:00 aku bangun untuk melaksanakan sholat dhuhur lalu tidur lagi dan bangun saat sholat ashar.


Setelah sholat ashar pada bulan ramadhan aku biasanya jalan-jalan dengan sepeda motor keliling kecamatan sambil ngabuburit, waktu pun sudah menunjukkan pukul 05:00 aku pun langsung pulang ke rumah untuk persiapan berbuka puasa. Adzan maghrib pun sudah berkumandang aku pun langsung berdoa sebelum berbuka puasa, berbuka dengan meminum air putih dan buah kurma, setelah itu aku pun makan. sehabis makan aku pun langsung mengambil wudhu dan melaksanakan sholat maghrib. sambil menunggu adzan isya' aku pun mengobrol dengan bapak dan ibu ku, tak lama kemudian adzan isya' sudah berkumandang aku pun bersiap untuk berangkat menuju masjid untuk melaksanakan sholat isya' dan sholat tarawih.


Sholat tarawih dirumahku termasuk cepat karena sekitar 30 menit sudah selesai. Setelah sholat tarawih aku tidak langsung pulang kerumah karena harus tadarus di masjid dengan teman-teman ku. Sekitar pukul 09:30 aku pulang ke rumah untuk mengganti baju lalu pergi ke warung untuk sekedar ngopi dan bercanda dengan temanku. jam 11:00 aku pulang ke rumah untuk beristirahat, sesampainya di rumah aku langsung mencuci tangan dan kaki, lalu bergegas untuk tidur.


Cerpen berikut ditulis oleh saya sendiri, Azmi Siroth Najjah.
Tugas mata kuliah bahasa indonesia
Dosen Pengampu = Rudi Umar Susanto, S.Pd., M.Pd
Universitas NU Surabaya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun