NAMA:SINTA RIYANDINI
KELAS:1D
TUGAS:ARTIKEL(manfaat dan metode psikologi pendidikan)
PENDAHULUAN
Sesuai dengan sejarahnya pengertian psikologi itu lebih ke ilmu yang mempelajarkan pada gejala jiwa pada manusia jiwa manusia itu sendiri bersifat abstrak , sehingga bisa sangat sulit dipelajari secara objektif, maka datanglah psikologi sebagai penilaian berubahnya jiwa manusia yang dapat kita lihat dari perilakunnya. Didalam perkembangannya,seperti yang sudah kita ketahui psikologi juga ini sebagai ilmu pengetahuan yang membelajaekan tentang perilaku.Â
Psikologi pada awalnnya, para ilmuan dan parafilosof menggunakannya. Rebert mengatakan psikologi untuk memenuhi kebutuhan mereka pada pemahaman akal pikiran dan tingkah laku keberagaman manusia mulai dari primitif dan yang paling moder.Â
LATAR BELAKANGÂ
Seperti yang sudah kita ketahui ilmu psikologi pendidikan sangat penting pada kita ketahui terutama mempelajari manfaat dan metode psikologi pendidikan,dengan mengetahui manfaat dan metode psikologi pendidikan,kita tidak akan ragu mempelajari psikologi pendidikan.Hal inilah mengapa saya ingin membahas mengenai manfaat dan metode yang ada dalam psikologi pendidikan.
Dengan menjaga kebenaran dalam pembahasan kali ini,saya menggunakan metode bedah buku dengan memanfaatkan beberapa buku untuk saya literaturkan,sehinggah kebenaran dalam artikel ini tidak di ragukan lagi.
HASIL DAN PEMBAHASAN
MANFAAT PSIKOLOGI PENDIDIKANÂ
Peserta didik merupakan subjek dari psikologi pendidikan, di dalamnya tidak lepas dengan perilaku dalam mengekspresikan diri kepada situasi berlangsungnnya pembelajaran, baik dalam kelas maupun luar kelas. benyuk ekspresi yang dilakukan oleh anak atau peserta didik tidak lepas dari unsur psikologi seperti : kesepian dalam menerima pemblajaran juga kesehatan mental yang sedang dialami, minat, belajarnnya dan lain-lain.
Dari penjelasan di atas ada peran penting dari psikologi pendidikan untuk para peserta didik ada juga manfaat dari psikologi pendidikan seperti berikut ini:
Memberikan bimbingan atau juga konselingÂ
Merumuskan program dengan pembelajaran secara tepatÂ
Memilih strategi atau jiga metode pembelajaran yang sesuaiÂ
Menciptakan suasana belajar yang kondusifÂ
Menciptakan suasana belajar yang kondusifÂ
memberi hasil menilai pembelajaran yang adilÂ
Berinteraksi secara tepat kepada siswannyaÂ
METODE PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Psikologi pendidikan sebagai cabang atau bagian dan dari psikologi tentunnya dalam mengambil fakta pengetahuan juga diperlukan dalam ilmu ini dengan menggunakan cara-cara studi (metode penelitian) yang juga tidak jauh berbeda dengan psikologi yang sebagai induknya.
Â
   saat memperoleh fakta pengetahuan tentang tingkah laku yang khsunya dalam situasi ini yang ada hubungan dengan tujuan dan juga praktek pendidikan di sekolah sebagaimana yang telah disebutkan di atas, psikologi pendidikan juga akan menggunakan metode-metode penelitian psikologi pendidikan sebagai berikut:
METODE OBSERVASI
Metode ini juga digunakan untuk melakukan sebuah pengamatan pada tingkah laku peserta didik dan juga anak didik serta objek lainnya dalam situasi wajar, dilaksanakan juga dengan berencana kontinyu, sistematis dan diikuti dengan catatan atau perekaman secara lengkap.
METODE OBSERVASI NATURALISTIKÂ
Naturalistic observation adalah sebuah jenis observasi yang dilakukan secara ilmiah, oleh karena itu peneliti berada diluar objek yang diteliti atau tidak sebagai oeang yang sedang melakukan sebuah penelitianÂ
METODE EKSPERIMENÂ
Eksperimen adalah serangkaian percobaan yang dilakukan oleh eksperimenter (peneliti yang bereksperimen )di dalam sebuah laboratorium atau sebuah ruangan yang telah ditentukan.
METODE TESÂ
Metode yang ini delakukan dengan memberikan tugas yang harus dilakukan oleh subjeek atau infomen baik berbentuk seperti tulisan ataupun lisan.Â
METODE KOESIONERÂ
Kue sioner (quetionare) bisa disebut juga dengan:
Metode surat-menyurat atau (mail survey), karena pelaksanaan penyebaran dan juga penganmbilan data juga sering dikirimkan dan dari responden menggunakan jasa posÂ
Metode angket (perancis:enquate) juga berupa daftar yang memuat responden dan untuk dikerjakan atau juga dijawab. Biasannya jawaban di dalam sebuah angket angket sudah tersedia sehingga responden atau subjek tinggal memberi jawaban atau juga mmberi tambahan jawaban.Â
METODE INTERVIEWÂ
Metode ini juga hampir ada kesamaannya dengan metode kesioner, yaitu juga sama-sama memberi pertanyaan kepada subjek\responden hannya saja interview ini digunakan untuk mencari data dengaan menggunakan wawancara atau juga dialog secara.Â
METODE STUDI KASUSÂ
Metode studi kasus atau juga disebut case study merupakan sebuah metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh sebuah gambaran yang rinci mengenai aspek-aspek peserta didik atau juga sekelompok masyarakat (kecil) tertentu.
METODE PENYELIDIKAN KLINISÂ
 Metode ini juga disebu dengan clinical method yang juga di manfaatkan oleh para ahli psikolog klinis atau juga psikiater.
METODE SOSIOMETRISÂ
Metode ini juga digunakan untuk mempelajari hubungan sosial peserta didik atau pendidik atau juga sekelompok masyarakat dalam sekala kecil.
DAFTAR PUSTAKA
Perkembangan Anak dan Remaja Tinjauan PsikologiÂ
Pendidikan dan Bimbingan (Bandung: PT Refika Aditama, Azwar, Saifuddin, Pengantar Psikologi Inteligensi, Edisi Pertama, (Yogyakarya : Pustaka Pelajar, 1996)Â
Andi Mappiare, Psikologi Remaja, (Surabaya: Usaha Nasional, 2000)Â
 Anggini Sudono, Pedoman Pendidikan Prasekolah, (Jakarta:Â
Gramedia Widiasarana Indonesia, 1991Â Â
Burhanudin Salam, Pengantar Filsafat, Jakarta: Bina Aksara, 1988Â Â
Cahyono, C.H & Suparyo, W. Tahap-tahap Perkembangan Moral. (Malang: IKIP Malang, 1985
John W. Santrock, Psikologi Pendidikan, (Jakarta : Kencana Media Group, 2007)Â Â
Jhon W. Santrock, Life-Span Develompment,13th EditionÂ
University of Texas at Dallas,1995Â
Ki Hadjar Dewantara. Pendidikan. (Yogyakarta: Majelis LuhurÂ
Persatuan Taman Siswa),
Muhibbinsyah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru,Â
Edisi Revisi, Cet. XV, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010