Mohon tunggu...
Sinta Riyandini
Sinta Riyandini Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

MENGGAMBAR

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Manfaat dan Metode Psikologi Pendidikan

1 Desember 2022   10:43 Diperbarui: 1 Desember 2022   10:45 314
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

NAMA:SINTA RIYANDINI

KELAS:1D

TUGAS:ARTIKEL(manfaat dan metode psikologi pendidikan)

PENDAHULUAN

Sesuai dengan sejarahnya pengertian psikologi itu lebih ke ilmu yang mempelajarkan pada gejala jiwa pada manusia jiwa manusia itu sendiri bersifat abstrak , sehingga bisa sangat sulit dipelajari secara objektif, maka datanglah psikologi sebagai penilaian berubahnya jiwa manusia yang dapat kita lihat dari perilakunnya. Didalam perkembangannya,seperti yang sudah kita ketahui psikologi juga ini sebagai ilmu pengetahuan yang membelajaekan tentang perilaku. 

Psikologi pada awalnnya, para ilmuan dan parafilosof menggunakannya. Rebert mengatakan psikologi untuk memenuhi kebutuhan mereka pada pemahaman akal pikiran dan tingkah laku keberagaman manusia mulai dari primitif dan yang paling moder. 

LATAR BELAKANG 

Seperti yang sudah kita ketahui ilmu psikologi pendidikan sangat penting pada kita ketahui terutama mempelajari manfaat dan metode psikologi pendidikan,dengan mengetahui manfaat dan metode psikologi pendidikan,kita tidak akan ragu mempelajari psikologi pendidikan.Hal inilah mengapa saya ingin membahas mengenai manfaat dan metode yang ada dalam psikologi pendidikan.

METODE

Dengan menjaga kebenaran dalam pembahasan kali ini,saya menggunakan metode bedah buku dengan memanfaatkan beberapa buku untuk saya literaturkan,sehinggah kebenaran dalam artikel ini tidak di ragukan lagi.

HASIL DAN PEMBAHASAN

MANFAAT PSIKOLOGI PENDIDIKAN 

Peserta didik merupakan subjek dari psikologi pendidikan, di dalamnya tidak lepas dengan perilaku dalam mengekspresikan diri kepada situasi berlangsungnnya pembelajaran, baik dalam kelas maupun luar kelas. benyuk ekspresi yang dilakukan oleh anak atau peserta didik tidak lepas dari unsur psikologi seperti : kesepian dalam menerima pemblajaran juga kesehatan mental yang sedang dialami, minat, belajarnnya dan lain-lain.

Dari penjelasan di atas ada peran penting dari psikologi pendidikan untuk para peserta didik ada juga manfaat dari psikologi pendidikan seperti berikut ini:

Memberikan bimbingan atau juga konseling 

Merumuskan program dengan pembelajaran secara tepat 

Memilih strategi atau jiga metode pembelajaran yang sesuai 

Menciptakan suasana belajar yang kondusif 

Menciptakan suasana belajar yang kondusif 

memberi hasil menilai pembelajaran yang adil 

Berinteraksi secara tepat kepada siswannya 

METODE PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Psikologi pendidikan sebagai cabang atau bagian dan dari psikologi tentunnya dalam mengambil fakta pengetahuan juga diperlukan dalam ilmu ini dengan menggunakan cara-cara studi (metode penelitian) yang juga tidak jauh berbeda dengan psikologi yang sebagai induknya.

 

      saat memperoleh fakta pengetahuan tentang tingkah laku yang khsunya dalam situasi ini yang ada hubungan dengan tujuan dan juga praktek pendidikan di sekolah sebagaimana yang telah disebutkan di atas, psikologi pendidikan juga akan menggunakan metode-metode penelitian psikologi pendidikan sebagai berikut:

METODE OBSERVASI

Metode ini juga digunakan untuk melakukan sebuah pengamatan pada tingkah laku peserta didik dan juga anak didik serta objek lainnya dalam situasi wajar, dilaksanakan juga dengan berencana kontinyu, sistematis dan diikuti dengan catatan atau perekaman secara lengkap.

METODE OBSERVASI NATURALISTIK 

Naturalistic observation adalah sebuah jenis observasi yang dilakukan secara ilmiah, oleh karena itu peneliti berada diluar objek yang diteliti atau tidak sebagai oeang yang sedang melakukan sebuah penelitian 

METODE EKSPERIMEN 

Eksperimen adalah serangkaian percobaan yang dilakukan oleh eksperimenter (peneliti yang bereksperimen )di dalam sebuah laboratorium atau sebuah ruangan yang telah ditentukan.

METODE TES 

Metode yang ini delakukan dengan memberikan tugas yang harus dilakukan oleh subjeek atau infomen baik berbentuk seperti tulisan ataupun lisan. 

METODE KOESIONER 

Kue sioner (quetionare) bisa disebut juga dengan:

Metode surat-menyurat atau (mail survey), karena pelaksanaan penyebaran dan juga penganmbilan data juga sering dikirimkan dan dari responden menggunakan jasa pos 

Metode angket (perancis:enquate) juga berupa daftar yang memuat responden dan untuk dikerjakan atau juga dijawab. Biasannya jawaban di dalam sebuah angket angket sudah tersedia sehingga responden atau subjek tinggal memberi jawaban atau juga mmberi tambahan jawaban. 

METODE INTERVIEW 

Metode ini juga hampir ada kesamaannya dengan metode kesioner, yaitu juga sama-sama memberi pertanyaan kepada subjek\responden hannya saja interview ini digunakan untuk mencari data dengaan menggunakan wawancara atau juga dialog secara. 

METODE STUDI KASUS 

Metode studi kasus atau juga disebut case study merupakan sebuah metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh sebuah gambaran yang rinci mengenai aspek-aspek peserta didik atau juga sekelompok masyarakat (kecil) tertentu.

METODE PENYELIDIKAN KLINIS 

  Metode ini juga disebu dengan clinical method yang juga di manfaatkan oleh para ahli psikolog klinis atau juga psikiater.

METODE SOSIOMETRIS 

Metode ini juga digunakan untuk mempelajari hubungan sosial peserta didik atau pendidik atau juga sekelompok masyarakat dalam sekala kecil.

DAFTAR PUSTAKA

Perkembangan Anak dan Remaja Tinjauan Psikologi 

Pendidikan dan Bimbingan (Bandung: PT Refika Aditama, Azwar, Saifuddin, Pengantar Psikologi Inteligensi, Edisi Pertama, (Yogyakarya : Pustaka Pelajar, 1996) 

Andi Mappiare, Psikologi Remaja, (Surabaya: Usaha Nasional, 2000) 

 Anggini Sudono, Pedoman Pendidikan Prasekolah, (Jakarta: 

Gramedia Widiasarana Indonesia, 1991  

Burhanudin Salam, Pengantar Filsafat, Jakarta: Bina Aksara, 1988  

Cahyono, C.H & Suparyo, W. Tahap-tahap Perkembangan Moral. (Malang: IKIP Malang, 1985

John W. Santrock, Psikologi Pendidikan, (Jakarta : Kencana Media Group, 2007)  

Jhon W. Santrock, Life-Span Develompment,13th Edition 

University of Texas at Dallas,1995 

Ki Hadjar Dewantara. Pendidikan. (Yogyakarta: Majelis Luhur 

Persatuan Taman Siswa),

Muhibbinsyah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, 

Edisi Revisi, Cet. XV, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun