Mohon tunggu...
Sinta mayang alif fiana
Sinta mayang alif fiana Mohon Tunggu... IG @sintaamayang
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

jangan lupa baca artikelku ya!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Hormon Manusia Beserta Fungsinya

10 Mei 2021   15:06 Diperbarui: 10 Mei 2021   15:08 74 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hormon Manusia Beserta Fungsinya
gurupendidikan.co.id

Hormon adalah bahan kimia yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang memiliki efek tertentu pada kegiatan organ lain dalam tubuh. Hormon seks adalah zat yang dikeluarkan oleh kelenjar jenis kelamin dan kelenjar adrenal langsung ke aliran darah. Mereka sebagian bertanggung jawab untuk menentukan jenis kelamin janin dan untuk pengembangan organ seks normal. Mereka juga mulai pubertas dan kemudian memainkan peran dalam pengaturan perilaku seksual.

Hormon adalah bahan kimia yang diproduksi oleh kelenjar endokrin atau kelenjar kebuntuan. Kelenjar ini adalah kelenjar yang tidak memiliki saluran sehingga negara bagian akan memasuki aliran darah dan mengikuti sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Jika tiba di organ target, hormon akan merangsang perubahan. Secara umum, pengaruh hormon berbeda dari saraf. Perubahan yang dikendalikan oleh hormon biasanya berubah yang membutuhkan waktu yang lama. Misalnya pertumbuhan dan penilaian seksual. Hormon (dari Yunani, : Horman - "MOPSE MOILE") adalah pembawa pesan kimia antara penjualan atau antar sel.

Semua organisme multiseluler, termasuk tanaman, menghasilkan hormon. Hormon berfungsi untuk memberi sinyal ke sel target yang kemudian akan melakukan tindakan atau kegiatan tertentu. Hormon juga sebenarnya adalah zat yang hanya sedikit dalam tubuh tetapi tidak ada keraguan fungsi dan akhir. Hormon dapat mengontrol proses pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, imunitas, dan pola kehidupan manusia. Karena pentingnya fungsi hormon, hormon diproduksi langsung oleh tubuh, tubuh memecahkan hormon melalui dua kelenjar, kelenjar endokrin dan kelenjar eksokrin.

Apa bedanya? Endokrin mengeluarkan hormon ke seluruh tubuh dengan bantuan darah untuk mendistribusikannya, sementara eksokrin membutuhkan saluran eksklusif untuk mengedarkan hormon. Hormon juga benar adalah zat yang sensitif terhadap rangsangan, misalnya hormon adrenalin, insulin, atau testosteron yang merupakan hormon seks pada manusia. Dalam tubuh manusia, ada beberapa jenis kelenjar endokrin untuk menghasilkan hormon, yaitu:

  • Kelenjar hipotalamus
  • Kelenjar di bawah otak
  • Kelenjar tiroid
  • Kelenjar paratiroid
  • Kelenjar pancreas
  • Kelenjar adrenal
  • Kelenjar ovarium
  • Kelenjar testis
  • kelenjar pencernaan.

Pengembangan Hormon / Hormon Pertumbuhan - Hormon yang berperan dalam perkembangan dan pertumbuhan. Hormon ini diproduksi oleh Gonad Kelenjar

Metabolisme hormon - proses homeostasis glukosa dalam tubuh diatur oleh berbagai hormon, contoh glukokortikoid, glukagon, dan katekolamin

Hormon tropis - dihasilkan oleh struktur khusus dalam peraturan fungsi endokrin, yaitu kelenjar hipoofis sebagai hormon pertumbuhan folikel (FSH) dalam proses ovarium dan spermatogenesis (LH) (LH)

Hormon Metabolic Mengatur air dan mineral - Calcitonin diproduksi oleh kelenjar tiroid untuk mengatur metabolisme kalsium dan fosfor.

Hormon sangat berguna karena fungsi yang dilakukan oleh hormon pada organ-organ tertentu, fungsi hormon adalah sebagai berikut:

  • Dapat mempengaruhi metabolisme glukosa, protein dan lemak di seluruh tubuh
  • Kontrol tekanan darah
  • Merangsang dalam pembentukan sel darah merah
  • Mengontrol dalam pengembangan karakteristik seksual dan sistem reproduksi
  • Mengontrol formasi dan pelepasan hormon oleh korteks adrenal
  • Merangsang formasi dan pelepasan kelenjar tiroid
  • Mempertahankan homeostasis (keseimbangan kondisi tubuh dengan lingkungan sekitar)

Itulah sedikit penjelasan mengenai hormon pada manusia, semoga bermanfaat ya.

VIDEO PILIHAN