Mohon tunggu...
Sinta mayang alif fiana
Sinta mayang alif fiana Mohon Tunggu... Lainnya - IG @sintaamayang
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

jangan lupa baca artikelku ya!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Apa Sih Teori Behavioristik?

26 Oktober 2020   23:02 Diperbarui: 26 Oktober 2020   23:03 361
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
diolah dari sumber: www.mobiloitte.com

"Pendidikan adalah apa yang tersisa ketika apa yang telah di pelajari telah dilupakan" B.F .Skinner.

Teori behavioristik adalah sebuah perubahan tingkah laku siswa yang disebabkan oleh komunikasi dan pengalaman atau sebuah perubahan tingkah laku pada siswa yang dalam hal kebiasaan dan pola fikir yang terjadi akibat adanya respon dan rangsangan.

Unsur-unsur teori behavioristik

  • Dorongan 
  • siswa memiliki keinginan maka dari itu siswa memiliki motivasi agar keinginannya tercapai

  • Rangsangan
  • Guru akan melepasan sebuah stimulus agar siswa mengalami reaksi

  • Reaksi
  • Ketika siswa hadir dan merespon guru maka ada keterlibatan guru dalam pembelajaran

  • Penguatan 
  • Guru akan mengulang dengan dengan bentuk yang berbeda agar siswa bisa melakukan reaksi yang sama

Menerapkan teori behavioristik dalam pebelajaran

  • Memutuskan adanya visi misi dalam sebuah pembelajaran
  • Siswa di ajari menganalisis serta mengidentifikasi untuk menambah pengetahuan pada awal pembelajaran
  • Memutuskan dan memberikan materi yang akan disampaikan
  • Menjelaskan materi dengan cara yang sederhana dulu
  • Melakukan presentasi atau menjelaskan materi pembelajaran
  • Melepaskan stimulus kepada siswa
  • Mendalami dan melihat reaksi yang diberikan ketika stimulus di lepaskan
  • Menyampaikan hal yang positif kepada siswa dan menjelaskan hal yang negative kepada siswa dengan baik
  • Melepaskan Kembali stimulasi kepada siswa
  • Mendalami Kembali respon siswa kepada stimulus
  • Kembali menjelaskan baik negatif dan positif
  • Di akhiri dengan kesimpulan dan evaluasi dalam belajar

Teori behavioristik banyak di kritik karena sering kali tidak mampu menjelaskan situasi pembelajarn yang kompleks, teori ini tidak bisa menjelaskan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dalam hubungan respon dan stimulus. Teori behavioristik juga cenderung mengaraahkan pembeajar dalam berfikir linier sehingga siswa tidak bisa kreatif dan tidak produktif. Dalam teori ini membawa pelajar menuju target tertentu, sehingga siswa tidak bebas dalam berkreasi dan mengembangkan imajinasinya.

Tahap-tahap perkembangan teori behavioristik

  Ada 3 kondisi yang memungkinkan perubahan:

  • Individu mendapat bantuan dalam melakukan perubahan
  • Perubahan cenderung berubah ketika orang sekitar memperlakukan dengan cara yang baru dan cara yang berbeda
  • Motivasi yang kuat dari diri sendiri

Aplikasi teori behavioristik:

  • Pengaruh lingkungan lebih penting
  • Mementingkan bagian bagian
  • Memetingkan peranan reaksi
  • Memetingkan terbentuknya mekanisme hasil belajar
  • Peranan kemampuan lebih di pentingkan
  • Memetingkan pembentukan kebiasaan
  • Hasil belajar menghasilkan kemampuan yang di inginkan

Ciri-ciri dalam pembelajaran:

  • Mempelajari perbuatan manusia
  • Mempelajari gerak-gerak badan
  • Semua kegiatan di kembalikan pada refleks
  • Mmanusia dilahirkan dalam keadaan sama

Kelebihan teori behavioristik:

  • Mampu mengemban beban pembelajar dalam mecapai tujuan belajar
  • Teori ini memiliki karakter sangat mendetail dan runtut dalam menyampaikan sebuah materi
  • Pembelajar menumbuhkan kebiasaan konsentrasi
  • Sesuai dengan pemahaman belajar anak
  • Teori ini sangat mudah untuk di identifikasi hasilnya

Kekurangan teori behavioristik:

  • Penerapannya hanya fokus pada guru yang menerangkan materinya
  • Penekanan pada hafalan
  • Pembelajaran ini kurang menyenangkan sehingga membuat bosan dan situasi yang kaku
  • Berpacu pada penyampaian guru siswa menjadi kurang inovatif dan menjadi pasif

Adapun tokoh-tokoh teori behavioristik

  • Thorndike
  • Watson
  • Clarck hull
  • Edwin Guthrie
  • Skinner


  • Berdasarkan uraian-uraian di atas inti dari teori behavioristik adalah belajar merupakan tingkah laku dan seseoarang akan dianggap telah belajar sesuatu ketika ia mampu meneunjukkan perubahan tingkah laku. Sesuatu yang terjadi antara stimulus dan respon dianggap tidak penting karena apa? Karena tidak bisa di ukur dan di amati. Dan penguatan dalam belajar merupakan faktor yang penting bila penguatan akan di tambah respon akan semakin kuat. Demikian penjelasan sedikit tentang teori behavioristik, semoga bermanfaat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun