Mohon tunggu...
SENO R. PUSOP JR
SENO R. PUSOP JR Mohon Tunggu... Desainer - @rockyjr.official17

सेनो आर पूसॉप जूनियर

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Dampak Digitalisasi bagi Pertumbuhan Iman Pemuda Kristen di Tanah Papua

25 September 2022   08:53 Diperbarui: 25 September 2022   09:31 251 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar Ilustrasi. Digitalisasi : medium.com

Munculnya era digitalisasi membuat proses komunikasi semakin cepat, ruang diskusi semakin terbuka, berbeda pada media masa konvensional yang masih sangat terbatas hanya menggunakan buku, surat kabar, radio dan televisi.

Perkembangan teknologi kini merubah media massa dan perilaku masyarakatnya. Bahkan di era moderen saat ini, lapisan masyarakat tanpa mengenal batasan usia dipengaruhi oleh adanya perkembangan media yang cukup pesat.

Indonesia adalah salah satu Negara yang mengalami perkembangan teknologi secara global, sebut saja Revolusi 4.0 yang terjadi di Eropa kian terdampak di Indonesia. Informasi sangat cepat beredar dikalangan masyarakat dengan penggunaan media social.

Realitas yang tak terhindari oleh siapa pun atau institus yang hidup dalam konteks globalisasi dan masyarakat Network Society yang artinya berjejaring akibat perkembangan tekonologi digital. Teknologi yang kita gunakan saat ini menggunakan system sebagai basi datanya, hal ini dituliskan oleh Mark Chan.

Teknologi sudah menjadi kebutuhan manusia yang tak tergantikan pada zaman ini, karena hampir semuanya sudah serba praktis dan berperan penting sehingga manusia moderen tidak lagi dapat hidup tanpa teknologi. Hal itu bisa dapat dibuktikan melalui perubahan gaya hidup manusia yang menjadi lebih mudah, efektif, efisien dan nyaman namun memiliki resiko yang juga cukup tinggi.

Dalam perkembangan digitalisasi para teoritis dan analis berpendapat bahwa ada sebuah hubungan antara kebangkitan The Net Generation dengan fenomena "Kemerosotan anak Muda" yang berdampak terjadinya pengaksesan data yang cukup mudah berpotensi menyebabkan orang melakukan kecurangan atau plagiasi terhadap karya seseorang, anak-anak cenderung berpikir pendek.

Penyalahgunaan melalui media internet digunakan untuk melakukan pencurian,
menerobos system perbankan, dan lain sebagainya. Bahkan penggunaan teknologi informasi tidak dipergunakan secara efektif sebagai sarana belajar, namun digunakan untuk mencari informasi atau konten-konten yang dapat merusak moralitas seseorang.

Pada era digital ini, tidak hanya sekedar bagaimana kita mengaplikasikan teknologi tetapi bagaimana kita hidup semestinya. Era digital bermisi untuk membuat manusia terhubung dengan internet.

Namun dalam kehidupan kita sebagai pemuda Kristen yang tangguh, harus memilih perspektif yang positif terhadap perubahan dan perkembangan zaman yang semakin kekinian di era digital.

Hal ini menjadi tuntutan bagi orang percaya, dewasa ini tanah Papua sebagai rumah besar bagi berbagai gereja, maka menjadi misi yang harus disuarakan pemuda Kristen di Tanah Papua sekarang supaya menjadi panutan bagi generasi Papua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan