Mohon tunggu...
SENO R. PUSOP JR
SENO R. PUSOP JR Mohon Tunggu... Desainer - @rockyjr.official17

More Than Winner

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Pemda Diminta Dukung Generasi Milenial Papua Manfaatkan Teknologi Digital Sektor UMKM dan Ekonomi Kreatif

20 September 2021   10:27 Diperbarui: 20 September 2021   11:13 155 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemda Diminta Dukung Generasi Milenial Papua Manfaatkan Teknologi Digital Sektor UMKM dan Ekonomi Kreatif
Seno Rocky Pusop | Creator Digital/Founder Yahukimo News (Source : Dokpri)

Pandemi Covid-19 benar-benar menghantam ekonomi Indonesia termasuk di daerah. Ini adalah hajatan luar biasa yang juga turut dirasakan di Bumi Cenderawasih Papua. Sektor usaha menjadi yang paling berdampak. Bukan hanya Large Companies saja, tetapi generasi milenial yang pegiat Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM kalang kabut.

Hal ini, membuat pelaku usaha para generasi milenial dipaksa harus putar otak untuk tetap bergerak sekaligus menyelamatkan dan mengembangkan usahanya. Bagi pegiat UMKM dan Peningkatan Ekonomi di masa genting seperti ini, kreativitas dan tekad berinovasi menjadi harga mati agar usaha tetap bergeliat disaat pandemi.

Mengingat hal tersebut, peran serta dukungan Pemerintah Daerah kepada generasi milenial sangat dibutuhkan. Dengan adanya perhatian dan dukungan Pemda, tentu akan ada peningkatan keberanian untuk mencoba dan menciptakan hal baru, karena itu adalah kunci keberhasilan bagi UMKM dan Ekonomi Kreatif. Agar mampu berkompetisi maupun mengubah arah dan jenis usaha satu ke yang lainnya.

Generasi milenial Papua di era digitalisasi ini memiliki peluang dan tantangan yang cuku besar dalam mengembangkan jangkauan usaha. Kami berpinta kepada Pemda supaya usaha-usaha kecil tetap bisa bertahan dan bersaing, sehingga mampu menekan potensi tingginya angka pengangguran. Selain itu, pengembangan kreativitas dan kapasitas generasi milenial menginvestasikan masa depan untuk berinovasi.

Secara khusus untuk generasi milenial Papua dewasa ini tidak diragukan lagi, karena memiliki daya saing, daya juang, bahkan kreativitas dan kapasitas yang mapan. Oleh sebab itu, Pemprov Papua di 29 Kabupaten/Kota perlu mengubah kacamata untuk melihat lebih jauh yang tidak nyata supaya preventif dan suportif mengangkat semangat serta cita-cita generasi Papua. Sangat disayangkan, bila kreativitas tidak dibarengi dengan kredibilitas.

Untuk itu, Pemda harus melihat kondisi dan kebutuhan UMKM di daerah saat ini dan mendengarkan kiat-kiat generasi milenial untuk mempertahankan dan mendorong Ekonomi Kreatif. Supaya melihat peningkatan UMKM di masa pandemi dan menumbuhkembangkan generasi milenial memanfaatkan teknologi digital menjadi wirausaha baru dan modern.

Besar harapannya supaya jamahan Pemda harus membuat generasi Milenial Papua untuk menantang masa depan, bukan menjadikan pengecut di zona nyaman, supaya menggapai dunia bisnis yang lelih profit dan produktif. Ini adalah peluang emas bagi generasi milenial Papua untuk investasi dalam negeri dan UMKM dengan mudah berusaha melalui digitalisasi.

Writter : Seno Rocky Pusop
Creator Digital/Founder Yahukimo News

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan