Mohon tunggu...
Silvia RohmatutThoyyibah
Silvia RohmatutThoyyibah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Mahasiswa PAI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Media Quizizz dalam Pembelajaran Akidah Akhlak

12 Desember 2023   13:15 Diperbarui: 13 Desember 2023   07:36 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siswi Kelas VII B MTs Negeri Kota Batu, dokpri

Saya Silvia Rohmatut Thoyyibah bersama 12 teman saya mendapat tempat Asistensi Mengajar di Lembaga Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Batu. Kebetulan saya mendapat tugas mengajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan guru pamong yang bernama bapak Agus. Pada tanggal 25 Maret 2023 saya menemui guru pamong disana saya bertanya kepada beliau dapat materi apa dan juga kelas mana saja yang akan saya terapkan dalam program Asistensi Mengajar ini, akhirnya saya ditugaskan mengajar dikelas VII B,C dan E dengan materi Adab membaca Al-Qur'an dan juga kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S. Pada tanggah 30 Maret 2023 mulai membuat modul ajar, bahan ajar yang akan saya gunakan pada proses pembelajaran nantinya, setelah konsultasikan kepada guru pamong, disana dapat revisi beliau berkata "Buat media pembelajaran yang menarik saja, saya tidak pernah membuat media pembelajaran dalam mengajar di kelas". Pada tanggal 05 April 2023 saya diajak guru pamong bapak Agus untuk melihat dahulu bagaimana cara beliau mengajar, media apa yang beliau pakai dan juga bagaimana respon dari peserta didik.  Ternyata setelah saya mengikuti guru pamong dalam mengisi materi saya menemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran di kelas VII B MTs Negeri Kota Batu, diantaranya sering kali siswa keluar kelas pada waktu pembelajaran berlangsung, guru yang sering menjelaskan materi atau dalam pembelajarannya menggunakan metode ceramah membuat siswa merasa bosan, ngantuk, sehingga siswa sering berbincang dengan temannya ketika dalam proses pembelajaran berlangsung, padahal beliau sudah menyampaikan materi secara lantang.

Dari permasalahan tersebut saya berfikiran membuat media quizizz dalam pembelajaran di kelas, alasannya karena menurut saya media quizizz ini seperti bermain game, simpel dan juga membuat peserta didik merasa tidak bosan dalam belajar, siswa juga merasa bisa belajar mandiri, ,kemudian akses dalam penggunaannya yang hanya memasukkan kode angka, dalam pengeporasiannya juga sangat mudah, mereka dalam mengerjakan soal diberi waktu, jadi tidak bisa menyia-nyiakan waktu yang sudah diberikan, jika waktu sudah habis maka siswa tidak bisa menjawab pertanyaan pada nomor tersebut. Dari alasan tersebut juga memberikan pelajaran kepada siswa bahwa waktu itu berharga dan juga mengukur pemahaman siswa dalam materi yang sudah diberikan.

Aplikasi Quizizz
Aplikasi Quizizz

Media ini saya terapkan di kelas VII B, C dan E, akan tetapi ada satu hambatan dalam penggunaan media ini bagi siswa, salah satunya adalah siswa di MTs Negeri Kota Batu tidak diperbolehkan membawa HP, solusi yang saya gunakan dengan menampilkan quizizz di proyektor siswa menjawab soal di kertas, akan tetapi waktu batas pengerjaan persoal masih berjalan. Antusias peserta didik disini sangat baik, mulai dari respon ketika saya menjelaskan petunjuk pengerjaan soal, pada waktu pelaksanaan, mereka juga mengerjakan secara mandiri, tidak ramai, ketika ada temanya 1 yang ramai di marahi satu kelas, dan juga hasil dari pengerjaannya mereka sesuai dengan nilai KKM yang saya buat. Setelah saya memakai media ini, meminta kritik dan juga saran kepada peserta didik, dan respon mereka bilang dengan pemakaian media quizizz ini membuatnya tidak bosan dan juga lebih asyik dari pada pembelajaran yang hanya menerima materi dengan mendengarkan, di pertemuan selanjutnya saya memakai media mind mapping dalam pembelajaran akidah akhlak, dan juga diskusi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun