Pesatnya perkembangan teknologi, berdampak pada ketatnya persaingan bisnis, akibatnya teknologi menjadi sarana pemasaran untuk mempertahankan suatu bisnis, salah satunya penggunaan internet sebagai sarana promosi atu iklan.
Biasanya sarana internet sebagai media promosi dan iklan menggunakan apa itu yang disebut SEM serta SEO, meskipun tak seutuhnya kedua istilah tersebut murni melakukan promosi atau iklan suatu produk, baik dalam bentuk barang dan jasa.
SEO misalnya, lebih sering digunakan dalam kaitannya menaikkan traffic pada sebuah laman atau website.
Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) memang belum begitu sering kita dengar, sehingga kedua istilah tersebut masih kabur bahkan disamakan.
Bagi para pelaku bisnis di bidang digital, keduanya bukan hal yang asing lagi di telinga.
Mari kita simak mengenai SEO dan SEM berikut ini!
SEO
Merupakan sebuah proses optimasi terhadap website dengan tujuan mencapai atau menduduki peringkat atau posisi tertinggi pada mesin pencari, dapat dilakukan dengan memaksimalkan aspek -- aspek dalam sebuah website, seperti: konten, sistem dan lainnya.
SEO adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan traffic yang tinggi serta banyak pengunjung terlebih terhadap pelanggan yang potensial.
Pada dasarnya SEO hanya bermodalkan kata kunci agar sebuah website dapat dijangkau pada mesin pencari, meskipun terdapat cara lain selain penggunaan kata kunci. (www.jurnal.id)
Cara Kerja Mesin Pencari
Menurut (www.jagoanhosting.com), mesin pencari seperti Google memiliki dua parameter yang menjadi patokan bagaimana cara kerja mesin pencari, Google memiliki semacam mekanisme mesin bernama crawler, kerjanya untuk menggali sesuai dengan request dari pembaca dan calon konsumen. Kedua parameter tersebut adalah:
- Situs -- konten dan infrastruktur situs web
- Offsite -- bagaimana situs web dirujuk dari sumber online lainnya
Teknik & Strategi SEO
- Penggunaan nama domain
Gunakan nama domain yang dapat meningkatkan di mesin pencari, yaitu: sederhana, pendek, tidak ada tanda hubung dan tidak ada angka.
- Strategi penautan
Kualitas link masuk sangat penting, maka dari itu kelola konten pada web.
- Kata kunci
Kata kunci adalah kata-kata yang paling utama muncul dalam halaman, jangan gunakan kata-kata umum misalnya 'the' 'dan' 'of, karena sudah terlalu banyak, selain itu laba - laba mesin pencari juga akan mengabaikannya
- Tag judul
Pilih kata kunci yang tepat yang akan digunakan pada sebuah halaman, selain itu setiap halaman gunakanlah judul yang berbeda. Contoh: Ebay
http://www.ebay.com/ (judul dipenuhi dengan kata kunci)
- Meta deskripsi tag
Di tampilkan dibawah halam judul pada sebuah pencarian, guanakanlah bahasa yang dinamis dan ajakan atau promosi serta persuasi.
- Alt tagÂ
Termasuk kata kunci dalam tag alt.
- Kirim situs web ke SEs untuk pengindeksan
Berguna agar web mudah di optimasi, biasanya membutuhkan waktu satu minggu hingga tiga bulan. (Tay, Siang. 2004)
SEM
Merupakan bentuk pemasaran di jaringan internet melalui promosi pada sebuah website dengan cara meningkatkan visibilitas website tersebut di halaman hasil pencarian mesin pencari.
SEM juga mencakup teknik SEO.
Selain kegiatan pengoptimalan pada mesin pencari, SEM juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar, seperti Pay Per Click (PPC) dan layanan iklan seperti Google Ads.
Teknis Penggunaan SEM
sumber: https://projasaweb.comÂ
- Melakukan registrasi terlebih dahulu pada layanan Google Ads atau Bing Ads dan lainnya, setelah itu lakukan perencanaan, seperti: biaya yang dianggarkan, kata kunci yang akan dijadikan sasaran, lokasi yang diinginkan dan lain sebagainya.
- Mesin pencari akan melakukan pelelangan kata kunci di antara para pengiklan dengan kata kunci yang sama.
- Mesin pencari kemudian mengumumkan hasil pelelangan.
- Sebagai pengguna layanan SEM, akan diberikan laporan kinerja iklan serta dikenakan biaya atas click yang didapatkan. (https://projasaweb.com)
Manfaat SEM
- Penggunaan layanan iklan berbayar bermanfaat untuk mendapatkan konsumen yang baru, karena SEM menjangkau pembaca untuk dapat melihat website yang diiklankan tersebut.
- Penggunaan SEM dapat disesuaikan dengan biaya serta jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya, juga mudah dikontrol.
- SEM fokus pada target pemasaran, sehingga pencapaian pada sebuah target lebih mudah.Â
- Sebuah produk ataupun website  yang dipromosikan dapat dengan lebih mudah dan optimal, karena kontrol  pada SEM yang menyeluruh, mulai dari timeline¸biaya hingga hasil yang ingin didapatkan.
- Tingkat konversi search marketing akan meningkat  seiring percakapan yang meningkat, karena SEM memiliki target pemasaran dengan pengunjung yang relevan. (jurnal.id)
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa antara SEO dan SEM tidak mempunyai perbedaan yang mendasar, karena SEO merupakan komponen dari kategori yang lebih besar atau menjadi bagian dari SEM itu sendiri.
Jika SEO mengandalkan kata kunci sebagai cara agar sebuah website dapat dijangkau oleh pengguna internet, maka SEM bertugas memaksimalkan kinerja dari SEO itu sendiri.